Ini Gagasan Luar Biasa Bill Gates Untuk Atasi Pemanasan Global

Rabu, 24 Februari 2021 18:05 Reporter : Indra Cahya
Ini Gagasan Luar Biasa Bill Gates Untuk Atasi Pemanasan Global Bill Gates. ©REUTERS/Tim Ireland

Merdeka.com - Mantan orang terkaya dunia Bill Gates memang menasbihkan diri sebagai filantropsi dan banyak menginisiasi ide untuk kemajuan umat manusia. Yang terbaru, ia punya wacana untuk atasi perubahan iklim.

Sang founder Microsoft, kabarnya mau 'menutupi matahari' untuk membantu mengatasi pemanasan global.

"Kamu tidak bisa menutupi matahari dengan jari, tapi mungkin dengan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa," kata Bill Gates kepada Forbes, seperti dikutip dari Entrepreneur via Tekno Liputan6.com.

Rupanya, Bill Gates akan ikut mendanai sebuah proyek yang bertujuan meredupkan sinar matahari guna 'mendinginkan' Bumi.

Proyek penelitian ini bernama Eksperimen Gangguan Terkendali Stratosfer alias SCoPEx. Penelitian dikerjakan oleh para ilmuwan dari Universitas Harvard.

Tujuannya adalah untuk memantulkan sinar matahari di luar atmosfer Bumi. Solusi ini akan dicapai dengan cara menyemprotkan berton-ton kalsium karbonat yang tidak beracun (CaCO3) ke atmosfer.

"SCoPEx adalah eksperimen ilmiah untuk memajukan pemahaman tentang aerosol stratosfer yang mungkin relevan untuk rekayasa geosurya," demikian bunyi tulisan di laman proyek SCoPEx.

Gunakan Balon

Proyek ini akan mulai dengan dilakukannya tes, antara lain pelepasan balon dengan peralatan ilmiah. Balon ini tidak berisi CaCO3 tetapi berfungsi sebagai uji manuver dan untuk eksplorasi komunikasi dan sistem operasi.

"Kami berencana menggunakan balon yang melayang tinggi untuk mengangkat paket instrumen, dengan ketinggian 20Km ke atmosfer. Setelah ditempatkan, sejumlah material akan dilepaskan untuk menciptakan massa udara yang terganggu dengan panjang sekitar 1Km dan diameter 100 meter," tulis penjelasan penelitian tersebut.

"Kemudian kami akan menggunakan balon yang sama untuk mengukur perubahan yang dihasilkan pada massa udara yang terganggu, termasuk perubahan kepadatan aerosol, kimia atmosfer, dan hamburan cahaya," tulis penjelasan di laman SCoPEx.

Baca Selanjutnya: Ditentang?...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. Bill Gates
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini