Ini dia jagoan baru INAICTA 2015

Kamis, 10 September 2015 06:03 Reporter : Fauzan Jamaludin
INAICTA 2015. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Perhelatan akbar ajang kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang dikenal dengan Indonesia ICT Award (INAICTA) kembali digelar yang ke 9 kalinya di tahun ini.

Acara ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerjasama dengan Pengelolaan Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Liga Digital Indonesia, FTII, Nawala, Telkom, dan Indosat.

Pada tahun ini, INAICTA membagi 15 kategori dengan dua kriteria profesional dan pelajar. Dari 15 kategori tersebut, terdapat 1145 karya yang didaftarkan oleh kalangan industri, profesional, mahasiswa, dan pelajar dengan kualitas karya yang baik.

"Jumlah karya pada acara INAICTA meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2014 lalu, ada 1007 karya yang tercatat dan di tahun ini ada 1145," ujar Ketua panitia INAICTA, Eko K. Budiardjo saat menyampaikan laporan panitia INAICTA 2015 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (9/9).

Dirinya melanjutkan, dari terkumpulnya 1145 karya itu, panitia telah melaksanakan penjurian awal dengan melakukan seleksi awal yang menghasilkan sebanyak 120 nominator dari 15 kategori lomba dan 120 nominator ini telah menjalani penjurian akhir pada 8 September 2015 di Binus University International FX Lifestyle Senayan Jakarta.

"Beberapa karya terpilih di INAICTA 2015 akan dibawa ke arena Asean ICT Award (AICTA) dan Asia Pasific ICT Award (AICTA), dan akan dibantu untuk dikembangkan melalui program bimbingan teknis dan inkubator startup di Indonesia," katanya.

Berikut adalah para pemenang INAICTA 2015:

Profesional

1. Health & Wellbeing: JKN APPS
2. Tourism & Hospitality: Hajiumroh
3. Education & Culture: KlungMaestro
4. Financial/SME: Cubeacon
5. Research & Development: Averi
6. Games: Ultra Space Brawl
7. Digital Interactive Media: Hybrid Smart Home Interactive
8. Digital Animation: PiPoYa! Animated Web Series
9. e-Inclusion & Sustainability: B-Touch

Pelajar

10. Aplikasi SD dan SMP: Secure Bag
11. Aplikasi SMA dan SMK: OutBook Project
12. Aplikasi Perguruan Tinggi: Perancangan Alat Pembuat Larutan Penyangga Berbasis Android Smartphone
13. Games: Kitten Mita: Moon Chapter
14. Animasi SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi: The Great Return
15. Applicative Robot SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi: RoboViper (Robotics Visual Programmer) [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. INAICTA
  2. Teknologi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini