Ini cara Universal Studio hidupkan Paul Walker di Fast and Furious 7

Selasa, 21 April 2015 11:54 Reporter : Bramy Biantoro
Ini cara Universal Studio hidupkan Paul Walker di Fast and Furious 7 Paul Walker. ©2015 Merdeka.com/abcnews.go.com

Merdeka.com - Tanggal 17 April lalu, film terakhir di francise Fast & Furious telah mencatatkan rekor box office, dengan keuntungan hingga USD 1 miliar (hampir Rp 13 triliun) hanya dalam 17 hari. Kesuksesan itu tidak lepas dari kembali hadirnya mendiang Paul Walker hingga akhir film.

Untuk 'menghidupkan kembali' sosok Paul Walker yang meninggal akibat kecelakaan di akhir tahun 2013 silam, pihak Universal Studios menggunakan teknologi efek visual canggih yang dikombinasikan dengan sistem kamera ganda.

Teknologi efek visual yang dipakai adalah Computer-generated Imagery atau yang biasa disebut CGI. CGI dipakai untuk memetakan wajah Paul Walker yang nantinya dipakaikan pada wajah aktor penggantinya.

Total, Universal Studio mempekerjakan 4 orang yang mirip Paul Walker sebagai aktor pengganti. Salah satunya adalah adik Paul sendiri, Cody Walker, yang wajahnya sangat mirip Paul Walker.

Di sebuah video yang diunggah di YouTube, terlihat bila wajah Cody Walker ditandai dengan beberapa titik untuk memastikan pola wajah Paul Walker akan pas saat di kombinasikan dengan CGI.

Sedangkan untuk adegan-adegan laga yang menuntut banyak gerakan tubuh, Universal Studio memakai setidaknya tiga kamera untuk menangkap semua adegan aktor pengganti, sebelum akhirnya wajah mereka diganti dengan wajah Paul Walker memakai CGI. Metode kamera ganda dipakai untuk memastikan wajah dan gerakan aktor pengganti terlihat alami.

Pihak Universal Studio cukup beruntung, sebab sebelum meninggal mereka pernah memetakan tubuh Paul Walker secara utuh, tepatnya di film Fast & Furious6. Sehingga replika tubuh dan gerakan yang dihasilkan oleh aktor pengganti terlihat sangat mirip Paul Walker.

Di sisi lain, semua tambahan efek visual untuk menghadirkan Paul Walker tidaklah murah. Seperti dilansir Games Radar, pengeluaran total film Fast & Furious 7 melonjak hingga USD 250 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun!

Namun, hal itu dinilai oleh banyak pihak cukup sepadan dengan kualitas film yang dihasilkan. Misalnya di salah satu adegan terakhir Fast & Furious 7 ini (foto kanan), apakah Anda bisa menemukan perbedaan di antara wajah Paul Walker asli dan hasil CGI?

[bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini