Ini Bukti Bahwa AirPods Adalah Ikon Milenial

Selasa, 1 Oktober 2019 09:44 Reporter : Indra Cahya
Ini Bukti Bahwa AirPods Adalah Ikon Milenial Apple AirPods. ©2016 Phone Arena

Merdeka.com - Kita sudah sering melihat banyak pengguna Apple yang memasang AirPods di telinga mereka kala berjalan-jalan. Hal ini bukan perkara teknologi earphone semata. Saat ini, hal ini seakan telah jadi salah satu bentuk fashion.

Hal yang selalu jadi perbincangan para analis dan juga pecinta teknologi adalah bergesernya Apple dari sekadar produsen hardware, ke perusahaan yang juga melakukan penetrasi layanan. Hal ini terlihat dari adanya kartu kredit Apple Card, layanan TV, hingga Apple Arcade yang merupakan layanan gaming.

Namun salah satu yang besar dampaknya adalah bergesernya Apple tak cuma sebagai produsen hardware besar, namun juga aksesoris canggih seperti Apple Watch dan AirPods.

Bisa kita lihat dari data sebelumnya, di mana meski penjualan iPhone sebelum rilis generasi 11 jeblok, Apple dapat sumbangan signifikan dari segmen aksesoris canggih atau wearables. Dengan produk utama Apple Watch dan AirPods, produk aksesoris canggih Apple berada pada puncak kejayaannya dengan mencetak pemasukan 5,53 miliar Dollar hanya dalam tiga bulan saja.

Di periode yang sama tahun lalu, bahkan 4 miliar saja tak tercetak. Jadi, ini adalah kenaikan yang sangat signifikan dan berjasa 'menambal' lesunya penjualan iPhone.

1 dari 2 halaman

AirPods Laris Manis

Analis dari Keybanc Capital Markets, Nomira, dan Credit Suisse, melansir Business Insider, menyebut AirPOds dan Apple Watch adalah pendorong utama pemasukan Apple. Khusus AirPods, earphone Bluetooth ini disebut punya "kinerja sangat baik" dari segi finansial.

Disebut pula, perkiraan kasar penjualan AirPods adalah diraihnya 60 persen pangsa pasar earphone nirkabel. Ini merujuk data dari kuartal keempat 2018 dari Counterpoint Research yang dikutip Business Insider.

Ming Chi Kuo yang seorang analis Apple terkemuka dengan prediksi akuratnya, juga menyebut bahwa Apple mengkapalkan 26 juta hingga 28 juta unit di 2018, dan akan melonjak jadi 50 juta hingga 55 juta di akhir 2019 nanti.

2 dari 2 halaman

Ikon Milenial

Transformasi AirPods dari sekadar earphone nirkabel jadi ikon milenial kini mulai nyata. Terlebi lagi kini telah banyak earphone berbentuk serupa namun tiruan atau KW, mulai banyak bermunculan.

Terlebih lagi, vendor fashion yang non-teknologi pun ikut memproduksinya. Sebutlah perusahaan bernama ASOS, yang menjual AirPods palsu yang tidak bisa digunakan. AirPods ini hanya bisa digunakan untuk digantungkan di telinga kita tanpa ada suara apapun.

Menariknya, satu buah saja, bukan satu pasang, AirPods KW yang tak berfungsi ini dijual seharga USD 9,50 atau setara Rp135 Ribu.

Hal ini memperlihatkan bahwa AirPods telah mendominasi kultur anak muda. Menarik? [idc]

Baca juga:
Apple Patenkan Logo iPhone Menyala
iPhone ini Jatuh Dari Pesawat, Ditemukan Masih Menyala Setahun Kemudian!
Ini Hasil Uji Coba Fast Charging iPhone 11 Series, Makin Cepat!
iPhone 2020 Akan Usung Desain 'Tebal' Ala iPhone 4?
Apple Janjikan Kenaikan Performa Meski Baterai iPhone Menua
Apple Sarankan Pengguna Tidak Update iOS 13

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. IPhone
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini