Ini Alasan Mengapa Kita Suka Membuka Banyak Tab di Browser PC atau Smartphone

Jumat, 11 September 2020 16:04 Reporter : Indra Cahya
Ini Alasan Mengapa Kita Suka Membuka Banyak Tab di Browser PC atau Smartphone Membuka Tab Browser Terlalu Banyak. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Secara tak sadar, ketika kita browsing di laptop atau smartphone, kita membuka hingga puluhan tab. Hal ini dilakukan banyak sekali orang, terutama mereka yang memang kesehariannya bekerja atau beraktivitas di depan layar.

Mengapa hal ini terjadi? Ternyata ini adalah mekanisme kerja otak kita.

Menurut Ellen Scott dari Metro, pembukaan banyak tab dan membiarkannya terbuka adalah cara otak kita melakukan multitasking.

Padahal, penelitian yang dikutip oleh Travel Leisure menyebut bahwa otak kita sebenarnya tidak pernah bisa efektif dalam melakukan multitasking. Justru, otak kita melompat dengan cepat dari satu tugas ke tugas lainnya, dan konsentrasi hilang seketika perhatian teralih.

Nah, membuka banyak tab sekaligus adalah cara otak kita untuk berpikir bahwa kita melakukan multitasking padahal sebenarnya otak kita kewalahan.

Namun hal ini bukan hanya mekanisme otak untuk berpikir kita sedang multitasking, namun membuka banyak tab adalah perlindungan otak kita terhadap kebosanan. Membuka banyak tab browser menjustifikasi otak kita agar kita berpikir bahwa kita sedang memiliki sesuatu yang dilakukan, sehingga tak bisan.

Baca Selanjutnya: Lebih lanjut hal ini merupakan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. Penelitian Ilmiah
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini