Ini 5 browser terpopuler sejagat, Internet Explorer masih 'berkuasa'

Senin, 2 Mei 2016 15:00 Reporter : Bramy Biantoro
Ini 5 browser terpopuler sejagat, Internet Explorer masih 'berkuasa' browser. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Meski kerap diejek paling jadul, Internet Explorer hingga beberapa waktu lalu ternyata masih menjadi browser paling banyak digunakan di dunia. Cukup wajar mengingat Windows XP masih merajai dunia OS PC. Namun tren ini berhenti di bulan April lalu.

Berdasarkan data terbaru Net MarketShare per 1 Mei 2016, browser dari Google, Chrome, telah menyalip Internet Explorer dan menjadi browser terpopuler. Di bulan April lalu, Chrome berhasil menguasai 41,66 persen pasar, terpaut tipis dari Internet Explorer di posisi kedua dengan 41,35 persen.

Ini adalah kali pertama Chrome mampu menyalip Internet Explorer. Di bulan Januari 2016 lalu, penguasaan pasar Chrome masih tertinggal 10 persen dari Internet Explorer. Bahkan, sebelum Desember 2015, Internet Explorer selalu menguasai pasar dengan prosentase di atas 50 persen lebih.

Lalu bagaimana dengan browser lainnya, seperti browser baru Microsoft Edge? Ternyata browser canggih itu bahkan tidak masuk lima besar. Berikut adalah 5 browser paling banyak dipakai oleh netizen saat ini.

  1. CHROME - 41.66 persen
  2. INTERNET EXPLORER - 41.35 persen
  3. FIREFOX - 9.76 persen
  4. SAFARI - 4.91 persen
  5. OPERA - 1.89 persen
  6. Lain-lain - 0.44 persen

Sekarang Internet Explorer memang masih berkuasa, namun perkembangan data menunjukkan bila Chrome mulai mengambil alih pangsa pasar dari browser lain, termasuk Internet Explorer. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Browser
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini