Indonesia Terpilih Kembali Duduki Kursi Dewan ITU

Selasa, 4 Oktober 2022 13:12 Reporter : Merdeka
Indonesia Terpilih Kembali Duduki Kursi Dewan ITU ilustrasi internet. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Syda Productions

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia berhasil terpilih menjadi anggota Dewan International Telecommunication Union (ITU) untuk kali ke sembilan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan Indonesia akan memperjuangkan tiga agenda sejalan dengan prioritas pembangunan sektor komunikasi dan informatika.



"Indonesia berhasil menjadi Dewan International Telecommunication Union (ITU) atau ITU Council Periode 2023-2026. Indonesia di urutan ketiga, memperoleh 157 suara atau dukungan penuh dari negara anggota ITU," jelasnya dalam keterangan resminya, Selasa (4/10).

Sekjen Mira Tayyiba menjelaskan Pemerintah Republik Indonesia telah memperjuangkan pencalonan Indonesia dalam ITU Council dan RRB Region E sejak opening ceremony ITU PP-22 tanggal 26 September 2022.



"Ada 13 seats dari 16 kandidat dan Indonesia terpilih dengan suara terbanyak ketiga. Hanya beda tiga suara dari peringkat kedua (India), peringkat pertama adalah UAE (Uni Emirat Arab)," ujar Mira.



Sementara untuk pemilihan Anggota dari Radio Regulations Board (RRB) Region E yang meliputi Asia dan Australasia. Menurut Sekjen Kementerian Kominfo wakil Indonesia Meiditomo Sutyarjoko berhasil menjadi anggota RRB yang merupakan panel of expert untuk komunikasi radio.



"Terdapat lima kandidat dari tiga seats. Namun, delegasi dari Irak mengundurkan diri dan menyisakan Arab Saudi, Tiongkok, India dan Indonesia. Sehingga tersisa empat kandidat dan Indonesia berada di posisi yang keempat, selisih nilai atau selisih suaranya pun sebetulnya tidak terlalu jauh dari anggota yang ketiga yaitu hanya 6 suara," tuturnya.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kominfo
  3. KILAS
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini