India Blokir TikTok dan Beberapa Aplikasi Asal Tiongkok, Mengapa?

Selasa, 30 Juni 2020 10:00 Reporter : Indra Cahya
India Blokir TikTok dan Beberapa Aplikasi Asal Tiongkok, Mengapa? Ilustrasi TikTok. ©2019 theverge.com

Merdeka.com - India baru saja melarang banyak sekali aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Tiongkok. Ini termasuk aplikasi populer seperti TikTok dan juga WeChat.

Melansir Engadget, Kementerian Teknologi Informasi India membuat keputusan ini karena perusahaan-perusahaan tersebut dianggap "terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan neagara, dan ketertiban umum."

Larangan ini berlaku untuk 59 aplikasi, termasuk aplikasi Mi Community dan Mi Video Call. Selain dua aplikasi Xiaomi tersebut, aplikasi perpesanan QQ dan juga raksasa internet Baidu juga diblokir.

Khusus untuk TikTok, pelarangan ini berdampak cukup besar. Hal ini mengingat jumlah pengguna aplikasi tersebut di India ada lebih dari 200 juta pengguna. Perusahaan induknya yakni ByteDance pun memperkirakan bahwa akan ada 300 juta pengguna di India pada akhir tahun ini.

1 dari 1 halaman

Meski pelarangan ini telah bergulir, berdasarkan laporan TechCrunch, deretan aplikasi ini masih tersedia di Google Play Store dan juga App Store. Masih belum terlalu jelas bagaimana pemerintah India akan menegakkan kebijakan pelarangan tersebut.

Diduga, hal ini adalah buntut ketegangan antar kedua negara, India dan Tiongkok, pasca bentrokan awal bulan ini di perbatasan negara keduanya.

Meski demikian, soal keamanan data juga jadi masalah lama. Dilaporkan telah banyak pernyataan dari warga mengenai keamanan data dan pelanggaran privasi yang berdampak pada masalah ketertiban umum. [idc]

Baca juga:
Media Sosial Buatan Anak Bangsa Ini Klaim Bisa Bersaing di Tingkat Global
Rilis Single Baru, Blackpink Pecahkan Rekor View Youtube
Facebook Uji Coba Dark Mode di Aplikasi Mobile
Pemboikotan Facebook Ad Kini Makin Meluas, Ini Merek yang Turut Serta!
Facebook Akan Beri Anda Notifikasi Sebelum Membagi Artikel Lawas
Baru Diluncurkan, Bank Brasil Minta WhatsApp Payments Ditangguhkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini