Ilmuwan Kembangkan Drone Patroli Hutan, Teliti Perubahan Lingkungan

Kamis, 19 November 2020 18:14 Reporter : Indra Cahya
Ilmuwan Kembangkan Drone Patroli Hutan, Teliti Perubahan Lingkungan Drone. © Businessinsider.com

Merdeka.com - Deretan ilmuwan di Laboratorium Robotika Udara Imperial College London (ICL) beberapa waktu lalu berhasil menciptakan teknologi yang mampu teliti perubahan lingkungan di hutan.

Melansir Tekno Liputan6.com, hal ini berupa dikembangkannya drone yang dapat menembakkan anak panah yang berisi sensor ke pepohonan di lingkungan tak teratur seperti hutan.

Drone ini juga dapat menempatkan sensor tersebut melalui kontak atau dengan bertengger di dahan pohon.

Para peneliti berharap drone ini akan digunakan di masa depan untuk membuat jaringan sensor guna meningkatkan data pada ekosistem hutan. Di samping itu, mereka meyakini langkah ini akan membantu melacak bioma yang sulit dinavigasi seperti hutan hujan Amazon.

Peneliti utama Profesor Mirko Kovac, Direktur Laboratorium Robotika Udara di ICL mengatakan, "Memantau ekosistem hutan bisa jadi sulit, tetapi drone kami dapat menggunakan seluruh jaringan sensor untuk meningkatkan jumlah dan ketepatan data lingkungan dan ekologis."

Kovac mengibaratkan drone ini sebagai penghuni buatan di hutan tersebut yang dapat membantu menjaga menjaga ekosistem dan menyediakan data penting untuk melindungi lingkungan.

Dilengkapi Kamera

Drone ini dilengkapi dengan kamera untuk membantu mengidentifikasi target yang sesuai dan material cerdas yang dapat berubah bentuk saat dipanaskan untuk meluncurkan anak panah, yang kemudian menempel di pepohonan.

Seperti burung, Drone ini juga dapat hinggap di cabang pepohonan untuk mengumpulkan data, bertindak sebagai sensor mobile.

Baca Selanjutnya: Uji Coba...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini