Iklan baris makin hari tidak relevan

Selasa, 7 Februari 2017 14:34 Reporter : Fauzan Jamaludin
Iklan baris makin hari tidak relevan acara The All New OLX di Jakarta. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa menyebutkan bahwa iklan baris saat ini tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman. Pasalnya, perilaku masyarakat sekarang ini mulai berubah.

Apalagi pengguna OLX saat ini didominasi pengguna mobile dan generasi millenial. Sehingga mau tidak mau mereka harus menyesuaikan diri terhadap kondisi konsumen saat ini.

"Gampangnya, OLX bertahan dengan format yang kemarin, kita enak sekali udah bisa melakukan monetisasi dan menghasilkan revenue. Tetapi, kalau kami harus seperti itu terus, gak lama lagi OLX akan tutup," jelasnya usai acara The All New OLX di Jakarta, Selasa (7/1).

Perubahan perilaku konsumennya itu, sudah dilihatnya sepanjang tahun 2016 lalu. Sebelumnya, OLX memang kerap digunakan oleh konsumen pria yang berusia 30 tahun bahkan lebih. Namun ternyata, ada perubahan besar khusunya perilaku konsumen mereka yang sudah bergeser ke generasi millenial.

Dikatakannya, perilaku generasi millenial ini punya tipikal berbeda dari generasi sebelumnya. Mereka cenderung memiliki karakteristik yang tidak terduga untuk melakukan belanja atau treasure hunter. Tentu berbeda dengan generasi konsumen OLX selama 11 tahun yang notabene konsumen mission seeker atau mencari barang apa yang ingin dibeli.

"Makanya buat kami, iklan baris makin hari tidak relevan. Kami akui hal itu dan kami sekarang mulai memperbaiki diri," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata Daniel, di awal tahun 2016 ini pihaknya melakukan perombakan besar terhadap aplikasi OLX. Tampilan baru OLX menonjolkan konsep hyperlocal, hypersimple, C2C, dan trust. OLX membawa tampilan halaman muka yang lebih simple dan penuh dengan visual.

"Dengan tampilan muka semacam ini, para pengguna dapat bertransaksi dengan lebih praktis karena tidak perlu pergi terlalu jauh untuk melakukan cash on delivery (CoD)," katanya. [idc]

Baca juga:
Tokopedia ajari puluhan perempuan penghuni lapas bangun usaha
Pengrajin Garut raup pendapatan ratusan juta pasarkan produk di toko
Hiruk pikuk Pilkada bikin e-commerce mengelus dada
Pemerintah sebut bisnis online ancam keberadaan pasar tradisional
Dikritik ubah tampilan, trafik pengunjung OLX berangsur normal
Jualo.com sebut sepanjang 2016 penggunanya semakin bertambah

Topik berita Terkait:
  1. E Commerce
  2. OLX
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini