IDC: Wabah Virus Corona Bakal Pengaruhi Pengapalan Smartphone Dunia

Senin, 2 Maret 2020 14:15 Reporter : Merdeka
IDC: Wabah Virus Corona Bakal Pengaruhi Pengapalan Smartphone Dunia ilustrasi Smartphone. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Penyebaran virus Corona juga memengaruhi industri smartphone. Perusahaan International Data Corporation (IDC) memprediksi pengapalan smartphone dunia akan menurun 10,6 persen pada semester I 2020.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (1/3), dalam jangka panjang, virus Corona diperkirakan akan membuat pengapalan smartphone turun 2,3 persen sepanjang tahun ini.

Berdasarkan prediksi sebelum penyebaran virus Corona, pasar seharusnya mengalami pertumbuhan pada tahun ini. Namun, situasi pada bulan lalu memaksa evaluasi ulang prediksi sebelumnya.

Masalah utama bagi produsen smartphone saat ini, yaitu rantai suplai dan logistik yang terganggu di tengah penghentian operasional pabrik-pabrik Tiongkok selama beberapa pekan terakhir.

Kendala tersebut dinilai akan paling terasa sepanjang semester I tahun ini, tapi aktivitas diprediksi akan kembali normal sekira kuartal III 2020.

"Kekurangan komponen, penutupan pabrik, kewajiban karantina, serta pembatasan logistik dan perjalanan akan menciptakan hambatan untuk para vendor smartphone untuk memproduksi handset dan merilis perangkat baru," ujar Sangeetika Srivastava dari IDC.

"Skenario keseluruhan diharapkan akan stabil mulai dari kuartal III tahun ini, dengan harapan situasi COVID-19 (virus Corona) membaik dan rencana 5G secara global," tutur Sangeetika melanjutkan.

Baca Selanjutnya: Samsung Geram Gara-gara Virus Corona...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini