Icon logo browser Firefox terinspirasi dari cerita di Injil

Minggu, 17 November 2013 08:04 Reporter : Dwi Andi Susanto
Icon logo browser Firefox terinspirasi dari cerita di Injil Firefox © 2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Ternyata ada hal-hal yang belum diketahui banyak orang tentang suatu produk yang mereka gunakan. Salah satunya adalah sejarah logo browser dari Mozilla bernama Firefox.

Yang banyak diketahui oleh orang atau pengguna browser dan netizen adalah Firefox memiliki sebuah logo dengan desain dan gambar seekor hewan yang mendekap bumi.

Tidak sedikit juga yang salah bahwa icon hewan yang dipakai oleh Firefox ternyata seekor beruang berbulu merah bukan rubah merah seperti yang banyak diasumsikan.

Selain itu, kisah pembuatan dan pemilihan icon hewan tersebut diilhami dari sebuah cerita di kitab suci Injil (Judges 15:1-5). Dalam kitab tersebut bercerita tentang aksi balas dendam Samson terhadap orang-orang Philistines.

Dia dendam dengan orang-orang tersebut karena salah satu dari mereka menikahi istrinya. Samson kemudian membawa beberapa ekor rubah berbulu merah dan pada ekor setiap rubah diikatkan tali yang sudah dibakar.

Kemudian, rubah-rubah tersebut dibiarkan untuk berlarian di ladang jagung milik orang-orang Philistines. Tentu saja ladang jagung tersebut secara cepat menyala dan terbakar hebat. Balas dendam Samson terbalaskan.

Memang tidak dijelaskan apa hubungan antara cerita Samson yang membalas dendam kepada orang-orang Philistine dengan browser tersebut. Namun, logo itu memiliki 2 elemen utama yaitu panda berbulu merah dengan ekor api dan sebuah globe (bumi).

Arti kenapa wajah sang hewan tidak menatap ke depan adalah melambangkan bahwa browser tersebut memang diciptakan untuk melihat atau digunakan untuk melihat (mengakses, menjelajah, dll) internet secara global.

Ekor api merupakan kelanjutan dari icon pertama Firefox yaitu Phoenix dan Firebird. Ekor yang memanjang merupakan representasi dari kemampuan browser besutan Mozilla ini dalam menjelajahi seluruh konten di dalam internet.

Sedangkan warna-warna yang digunakan adalah perwakilan gabungan atau kombinasi dari warna panda berbulu merah, rubah berbulu merah, phoenix, bumi, firebird dan api.

Sumber: Thinsmek.com, Wikipedia.org, Twitter.com/Factsionary, Foxkeh.com, Firefoxftw.com, Etiziano.com [das]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Firefox
  3. Mozilla
  4. Browser
  5. TekStory
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini