Huawei klaim kamera smartphone Nova terbaru bakal kalahkan DSLR

Senin, 30 Juli 2018 13:01 Reporter : Fauzan Jamaludin
Huawei klaim kamera smartphone Nova terbaru bakal kalahkan DSLR Huawei Nova 3e. ©2018 pocket-lint.com

Merdeka.com - Keluarnya Casio dari bisnis kamera saku digital tahun ini membuat kamera yang khusus dibuat untuk selfie pun tinggal sejarah. Sudah lama Casio dikenal sebagai pembuat kamera selfie dengan fitur beautification yang menarik.

Meski begitu, pada tahun-tahun ini, smartphone makin lebih baik dalam menawarkan fitur kamera selfie, bahkan sampai pada titik yang mampu mengalahkan Casio.

Pada awalnya, pengguna smartphone sudah sangat antusias dengan hadirnya kamera depan 5MP. Kini, kamera depan bahkan sudah mencapai 20MP dan ada yang menanamkan lensa kedua pula.

Lensa ganda di kamera depan ini kabarnya akan ditanamkan pada smartphone Nova Series terbaru dari Huawei. Gabungan sensor lensa 24MP dan 2MP dihadirkan untuk menangkap gambar sekaligus data kedalaman gambar tersebut.

Sinergi kedua kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan hasilnya bisa dicetak jadi foto seukuran 24 inci (300ppi) atau poster berukuran 98 inci (72ppi) dengan kualitas yang masih masuk akal.

"Performa macam ini membuat Nova Series terbaru ini bisa diadu dengan kamera DSLR. Tak heranlah kalau kita melihat makin sedikit saja kamera kompak di pasar saat ini," kata Lo Khing Seng, Deputy Director Huawei Device Indonesia dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Untuk menghasilkan selfie yang luar biasa, kata dia, punya kamera beresolusi tinggi saja tak cukup. Perlu ada efek beautifying. Tren beautification ini dimulai dari algoritma sederhana yang memutihkan wajah si obyek foto.

Semakin lama teknologi berkembang, manufaktur kemudian mengintegrasikan kemampuan artificial intelligence (AI) ke dalam kamera depan. Tapi sebagian perangkat yang sudah ada di pasar, baru bisa mencerahkan gambar dan menambahkan efek buram. Sedangkan detail macam tekstur kulit masih belum bisa diproses.

Huawei yang banyak berinvestasi di bidang riset dan pengembangan telah mengembangkan fitur selfie dalam smartphone buatannya. Malah ada laboratorium khusus untuk selfie. Huawei juga, kabarnya, melakukan survei kepada konsumen untuk mencari tahu apa sebetulnya definisi kecantikan dan menggunakan data itu untuk meningkatkan algoritma beautification-nya sendiri.

Di sisi lain, ada persoalan juga, manufaktur smartphone terlalu fokus bagaimana meningkatkan penampilan manusia sebagai obyek foto di kamera dan lupa tentang background-nya, yang juga penting. Tak heran kalau background di foto-foto di smartphone sering overexposed atau malah underexposed. Untuk foto yang baik, subyek dan juga background seharusnya sama-sama penting.

Menurut bocoran terkini, perangkat Nova Series terbaru dari Huawei bisa mengenali delapan background yang umum, yaitu Langit Biru, Pantai, Tanaman, Malam, Stage, Bunga, Indoor, dan Salju.

Secara pintar, kamera pada smartphone itu bisa melakukan optimalisasi pada masing-masing background secara berbeda-beda. Meski kedelapan background itu sudah mendukung hampir semua kebutuhan pengguna, diyakini Huawei akan menambahkan lebih banyak lagi.

1 dari 2 halaman

Honor Note 10

Honor Note 10. ©2018 Merdeka.com

Selain Nova, Huawei juga memiliki smartphone terbaru yang akan dijadwalkan rilis besok pada 31 Juli 2018. Adalah Honor Note 10. Smartphone ini bakal memiliki tubuh yang besar layaknya smartphone dengan 'embel-embel' Note kebanyakan. Tentu saja Honor Note 10 diplot sebagai 'penjegal' Samsung Galaxy Note 9 yang bakal dirilis pada 9 Agustus mendatang. Huawei tidak akan membiarkan galaxy Note 9 melenggang dengan indah sendirian berbekal Stylus S Pen. Untuk itu, Honor Note 10 disiapkan untuk merampas perhatian publik dengan keunggulan baterai jumbo.

Huawei sendiri telah mengonfirmasi bahwa Honor Note 10 bakal datang dengan baterai jumbo berkapasitas 5000mAh. Ini jelas mengalahkan Galaxy Note 9 yang hanya memiliki baterai berkapasitas 4000mAh.

Spesifikasi Honor Note 10

Perlu diingat bahwa spesifikasi Honor Note 10 ini masih rumor karena memang belum rilis. Layar Honor Note 10 menggunakan Super AMOLED berukuran 6,95inci yang dipadukan dengan resolusi 1080 x 2220. Aspek rasionya 18,5:9.

Sementara itu, jeroan dari Honor Note 10 mengusung chipset milik Huawei sendiri yakni HiSilicon Kirin 970 terbaru, CPU octa-core dan GPU Mali-G72 MP12. Tersedia dalam beberapa pilihan internal storage mulai dari 64GB, 128GB, 256GB, 512GB, serta dua model RAM 6GB dan 8GB.

Untuk urusan kamera, Honor Note 10 memiliki dual-camera di bagian belakang yang masing 16MP + 24MP. Sedangkan kamera depannya memiliki sensor 13MP. Sistem operasinya sudah menggunakan Android Oreo 8.1.

2 dari 2 halaman

Huawei pecundangi Apple dan Samsung

Huawei vs Apple. ©2018 Merdeka.com

Huawei di Indonesia memang terbilang masih jarang. Tapi jangan salah, saat ini Huawei merajai pasar smartphone terbesar di dunia mengalahkan Apple dan Samsung. Apple mungkin telah memiliki nama yang cukup mentereng dan bahkan kuartal kedua penjualannya pun juga menunjukkan trend yang positif. Pesaing, Samsung kembali merampas predikat juara di pasar smartphone India yang sempat dimiliki oleh Xiaomi.

Akan tetapi, laporan Canalys terbaru sekali lagi membuktikan bahwa dua raksasa tersebut tidak memiliki 'kekuasaan' di dataran China. Samsung dan Apple ternyata justru kalah di pasar China yang notabene adalah pasar smartphone terbesar di dunia. Meskipun dulu perusahaan asuhan Tim Cook itu pernah memimpin di antara akhir 2014 dan awal 2015.

Namun kini di rentang waktu April - Juni 2018, pasar China justru dikuasai oleh Huawei. Perusahaan yang dipimpin oleh Ren Zhengfei tersebut menikmati dominasinya di tanah sendiri dengan nyaman. Kemudian disusul oleh rival senegaranya, OPPO, Vivo, dan Xiaomi.

Lantas Apple ke mana?

Apple justru tersungkur di peringkat 5 di China. Namun karena penurunan pangsa pasar lainnya, pabrikan smartphone berbasis Cupertino kini termasuk dalam kategori 'other' dari analisis pengiriman terbaru.

Sebaliknya, Huawei telah berhasil mengirimkan tidak kurang dari 28,5 juta unit di dalam negeri selama kuartal kedua tahun 2018. Ini adalah rekor Huawei per kuartal di China. Hal itu juga mendorong Huawei mendapatkan pangsa pasar terbesar di China dengan 27 persen sejak kuartal kedua tahun 2011 silam.

Yang lebih menarik lagi, Huawei justru menemukan lebih banyak kesuksesan dengan sub merek mereka, yakni Honor ketimbang smartphone yang membawa nama mereka. Hal ini membuktikan bahwa pemisahan pemasaran keduanya merupakan keputusan bisnis yang sehat. [ega]

Baca juga:
Huawei kembali juara di pasar smartphone terbesar di dunia, Apple ke mana?
Huawei sukses jual 100 juta smartphone sampai pertengahan 2018
Huawei sebut siapkan smartphone seri Nova terbaru
Huawei sebut dukung 3 industri ini lakukan transformasi digital
Huawei sadari kecilnya pangsa pasar smartphonenya di Indonesia

Topik berita Terkait:
  1. Huawei
  2. Smartphone
  3. Gadget
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini