Hilangkan tombol 'view', Google persulit pengguna untuk curi gambar

Selasa, 20 Februari 2018 16:15 Reporter : Indra Cahya
Hilangkan tombol 'view', Google persulit pengguna untuk curi gambar Hilangnya tombol view image di Google. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Google membuat perubahan besar yang cukup halus pada fitur pencarian gambarnya, namun ini akan membawa dampak besar bagi perlindungan hak cipta. Kini, kita tak akan bisa menemukan tombol "view image" ketika kita mencari gambar di Google.

Hal ini disebut akan membuat pengguna lebih sulit untuk menyimpan secara langsung gambar-gambar yang memiliki hak cipta.

Dulu sebelum tombol view dihilangkan, gambar beresolusi tinggi dari para kreator seperti fotografer, penerbit, serta situs gambar, dan lain-lain, akan terlalu mudah diakses tanpa mengunjungi sumbernya.

Dengan penghapusan tombol ini di Google, Anda tetap dapat mengambil gambar namun harus mengunjungi sumber webnya dengan mengklik tombol 'visit.'

Perubahan kecil namun signifikan ini muncul setelah kemitraan lisensi global dengan Getty Image akhirnya terealisasi. Hal ini memungkinkan Google untuk menggunakan konten Getty dalam berbagai produk dan layanannya.

Getty sendiri mengeluhkan praktik anti kompetitif dari Google Image yang menuduh Google "mendistorsi hasil pencarian yang mendukung layanannya sendiri." Hal ini membuat Getty yang merupakan situs stok gambar, kalah saing.

Hal ini memang mempersulit pengguna Google Image untuk browsing gambar. Meski demikian, dengan malakukan ini, kita memberi sedikit kontribusi ke kreator untuk mengunjungi website dan mengapresiasinya secara lebih. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini