Hati-hati, suara-suara ini bisa merusak pendengaran manusia

Rabu, 5 Agustus 2015 11:10 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Ilustrasi pengeras suara. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Manusia bisa mendengarkan berbagai bunyi dan dapat meresponnya dengan sangat cepat. Ada banyak suara di sekitar kita, seperti suara orang berbicara, suara TV, suara alat musik, suara petasan, suara sirine polisi, atau bahkan suara pesawat militer.

Masing-masing suara tersebut mempunyai ukuran yang berbeda, tergantung keras lemahnya bunyi. Bunyi tersebut diukur dalam satuan desibel (dB). Jika suatu suara berukuran 50 dB, maka suara tersebut 10 kali lebih keras dari suara yang berukuran 40 dB dan 100 kali lebih keras dari suara 30 dB.

Tetapi sebenarnya, bunyi apa yang sangat keras dan sering kita dengar?

Alex Firth, dkk, telah menjelaskan dalam bukunya, 100 Things to Know About Science, bunyi yang sangat keras dan sangat sering kita dengar.

Sebelumnya, kita akan membahas ukuran suara yang paling kecil terlebih dahulu. Bunyi yang mempunyai ukuran terkecil adalah ketika manusia bernapas normal. Suara saat kita bernapas berukuran 10 dB. Lalu, ketika pagi hari, kita juga sering mendengar kicauan burung-burung. Suara burung tersebut berukuran 40 dB.

Saat kita menonton TV, normalnya suara TV tersebut berukuran 70 dB. Suara TV yang kita dengar itu 10 kali lebih keras dibanding dengan suara normal ketika manusia berbicara sehari-hari dengan orang lain. Lalu, sebenarnya suara apa yang paling keras dan sering kita dengar?

Jawabannya adalah suara petasan. Suara petasan yang sering mengagetkan kita, berukuran 1 miliar lebih keras dari suara manusia yang berbicara atau sekitar 150 dB. Hal tersebut berarti suara sirine, alat musik drum, dan suara pesawat militer yang sepertinya sangat keras, ternyata lebih pelan jika dibanding dengan suara petasan.

Suara alat drum yang mungkin membuat kita berdenging, sebenarnya berukuran 100 dB. Sedangkan untuk suara pesawat militer, berukuran 10.000 kali lebih keras dibanding dengan suara drum, yaitu 140 dB.

Suara yang sangat keras tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan untuk telinga manusia. Gangguan pendengaran akan terjadi apabila intensitas suara bising cukup keras, yaitu lebih besar dari 85 dB. Suara keras tersebut juga bisa berakibat fatal apabila semakin sering didengarkan. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian
  2. Tahukah Kamu?
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.