Hati-Hati, Ada Lebih Dari Dua Ribu Aplikasi Berbahaya di Google Play Store!

Rabu, 26 Juni 2019 15:31 Reporter : Indra Cahya
Hati-Hati, Ada Lebih Dari Dua Ribu Aplikasi Berbahaya di Google Play Store! Google Play Store. Phonedog.com

Merdeka.com - Meski merupakan toko apliaksi resmi untuk perangkat Android, ternyata Google Play Store tak selalu terjamin keamanannya.

Bahkan, sebuah penelitian menemukan ada sekitar 2.040 aplikasi berbahaya di Play Store, seperti dilansir GSM Arena via Tekno Liputan6.com.

Menurut laporan University of Sydney dan Data61 dari CSIRO, aplikasi tersebut akan meminta akses perijinan yang mencurigakan serta ada pula yang langsung menanamkan malware di smartphone.

Penelitian yang dilakukan terhadap sekitar 1 jutaan aplikasi di Play Store itu juga menemukan adanya aplikasi fake yang meminta perijinan yang tidak sesuai, contohnya aplikasi gim terkenal Hill Climb Racing dan Temple Run.

Para peneliti menggunakan jaringan neural dan mesin pembelajaran. Algoritmanya disusun untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi paling populer di Play Store. Hasilnya, ditemukan 49.608 potensi virus dan malware.

Sekitar 7.246 aplikasi ditandai sebagai malicious alias berbahaya dan 2.040 diantaranya ditandai sebagai aplikasi fake dengan resiko bahaya yang tinggi.

Namun tenang, 2.040 aplikasi yang ditandai berbahaya oleh Google ini telah diturunkan oleh Google dari Play Store.

Sumber: Tekno Liputan6.com
Reporter: Athika Rahma [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Google Play
  3. Aplikasi Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini