Hadirnya BRIsat membuat pelayanan perbankan optimal selama Ramadan

Selasa, 28 Juni 2016 16:00 Reporter : Indra Cahya
Hadirnya BRIsat membuat pelayanan perbankan optimal selama Ramadan BRIsat. © twitter.com/BANKBRI_ID

Merdeka.com - Sudah menjadi rahasia umum apabila datangnya Ramadan selalu beriringan dengan kenaikan kebutuhan uang. Sebagai contoh di Jawa Tengah, terjadi peningkatan keperluan uang kartal sebesar 9,97 persen dibandingkan tahun 2015. Selain itu, data dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) mencatat bahwa pemakaian kartu kredit pada bulan puasa tahun 2016 ini pun mengalami peningkatan.Pelonjakan seperti itu memang sangat mungkin terjadi sewaktu-waktu, mengingat akses terhadap segala hal bisa dilakukan dengan cepat di era digital seperti sekarang.

Meningkatnya kebutuhan rumah tangga menjelang lebaran ditengarai menjadi salah satu penyebab peningkatan kebutuhan uang. Di tahun 2015 kemarin saja, Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sis Apik Wijayanto mengatakan jika jumlah transaksi kartu kredit mencapai Rp 4,5 triliun. Bisa dipastikan apabila angka tersebut bakal kembali mengalami eskalasi lagi tahun ini.

Penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) juga sangat berpengaruh pada padatnya lalu lintas perbankan menjelang lebaran. Selain itu, pelonjakan pola konsumsi masyarakat pun memegang andil yang kentara sekali. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan penggunaan anjungan tunai mandiri (ATM) yang mencapai 1,8 juta transaksi per hari selama Ramadan 2016.

Mengoptimalkan pelayanan selama Ramadan dan menjelang Lebaran jelas menjadi tujuan yang hendak diusung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank BUMN ini melakukan upaya nyata untuk meningkatkan kualitas servis dengan meluncurkan BRIsat pada tanggal 19 Juni 2016 lalu. Satelit komunikasi pertama yang dimiliki oleh perseroan ini bakal mentasbihkan sepak terjang BRI demi menyukseskan program inklusi keuangan.

Guna melancarkan semua prosesi, BRI turut menggandeng Space/ System Loral (SS/L) untuk desain dan pengerjaan manufaktur, sedang jasa peluncurannya dilaksanakan oleh Arianespace dari Perancis. BRIsat didesain dengan kapasitas 45 transponder yang akan dimanfaatkan untuk telekomunikasi perbankan dan pemerintah.Makin membanggakan karena setelah mengorbit di slot 150.0 E, BRIsat bakal dikendalikan sepenuhnya oleh anak bangsa. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini