Hacker China ketahuan serang 5 negara pada 2010

Selasa, 10 Desember 2013 19:10 Reporter : Alvin Nouval
Hacker China ketahuan serang 5 negara pada 2010 Hacker. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Hacker China diduga telah sejak lama melakukan aksi hack pada sistem milik kementerian luar negeri di berbagai negara. Tercatat, sejak 2010, negara seperti Republik Ceko, Portugal, Bulgaria, dan Latvia jadi korban jahilnya tangan hacker asal negeri tirai bambu tersebut.

Seperti yang dilansir oleh The New York Times (10/12), serangan ini pertama kali dilaporkan oleh FireEye, sebuah perusahaan keamanan komputer dari California. Sayangnya, tidak diketahui siapa sosok detail sang hacker yang ditangkap basah aksinya oleh FireEye tersebut.

Belum diketahui apakah para hacker ini bekerja untuk pemerintahnya. Namun, hal ini setidaknya jadi pertanda bahwa hacker tersebut ingin meninggalkan sebuah pesan pada dunia.

Pesan itu adalah, meski NSA selama ini ketahuan boroknya dengan menyadap pemerintahan dunia, sebenarnya hal ini sudah dilakukan sejak lama oleh hacker China. Hebatnya, hacker China mampu melakukannya hanya dengan serangan berbasis email, tidak perlu sampai mencuri dari data center seperti yang dilakukan NSA.

Hal ini pun mengingatkan kita pada serangan hacker China, Ke3Chang, yang terjadi 2011 lalu. Lewat email berisi malware, hacker tersebut bisa meretas berbagai email milik kementerian keuangan dari kelompok ekonomi G20. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. China
  2. Hacker
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini