Hackathon [RE]energize Indonesia: Mencari Startup Sektor Energi Pintar & Terbarukan

Jumat, 25 September 2020 15:30 Reporter : Syakur Usman
Hackathon [RE]energize Indonesia: Mencari Startup Sektor Energi Pintar & Terbarukan Program Hackathon [RE]energize Indonesia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - New Energy Nexus Indonesia, [Re]energize Indonesia, meluncurkan hackathon pertama di Indonesia dengan tema energi pintar dan terbarukan. Acara ini dirancang untuk mengidentifikasi inovasi-inovasi energi pintar dan terbarukan demi membantu Indonesia beradaptasi dengan masa depan.

Hackathon online ini terbuka bagi individu atau tim yang mempunyai solusi berbasis energi pintar dan terbarukan. Pemenang hackathon akan meraih total hadiah Rp 100 juta dan mendapatkan akses ke program Smart Energy Incubation and Acceleration yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan startup energi pintar dan terbarukan.

New Energy Nexus Indonesia ingin mendukung realisasi kontribusi energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 oleh pemerintah RI.

Dr Ir Hariyanto MT, Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan Indonesia membutuhkan anak-anak muda kreatif dan inovatif untuk mengembangkan model bisnis energi terbarukan yang dapat diimplementasikan di Tanah Air.

Indonesia berlimpah sumber daya energi terbarukan yang dapat dikembangkan seperti biomassa, air, matahari, angin, panas bumi, dan gelombang lat. Sayangnya, energi tersebut belum terealisasi dengan baik.

“Pemerintah RI berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030 atau setara dengan 834 juta ton. Sektor emisi sendiri menyumbang sekitar 50 persen atau 314 juta ton. Salah satu upaya (penurunannya) melalui pemanfaatan energi tebarukan. Investasi energi terbarukan harus ditingkatkan secara masif guna mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca tersebut,” ujar Hariyanto, dalam jumpa pers daring Hackathon oleh New Energy Nexus Indonesia, kemarin.

Hariyanto berharap peran pemuda bisa meningkatkan kepedulian dan pengetahuan melalui pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di masa mendatang.

Target bahwa pemerintah harus menurunkan emisi, bisa menjadi kesempatan bagi hackathon untuk menjadi langkah rekomendasi terkait model bisnis energi baru dan terbarukan yang lahir dari pemuda Indonesia, startup, dan pengusaha. Mereka juga bisa mulai melibatkan diri untuk menguraikan solusi energi ini.

Baca Selanjutnya: Melahirkan Startup Energi Baru dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini