Grup hacker 'LizardSquad' diduga jadi penyebab down-nya Facebook

Selasa, 27 Januari 2015 15:04 Reporter : Bramy Biantoro
Grup hacker 'LizardSquad' diduga jadi penyebab down-nya Facebook LizardSquad saat meretas Malaysia Airlines. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekitar dua jam yang lalu, facebook dan Instagram dilaporkan down secara tiba-tiba. Beberapa spekulasi penyebab down Facebook dan Instagram pun menyeruak, salah satunya adalah akibat aksi hacking.

Grup hacker yang diduga membuat Facebook down adalah LizardSquad, grup hacker yang sama yang menyerang situs Malaysia Airlines kemarin.

Lewat akun Twitter resminya, LizardSquad men-tweet kasus down ini dengan menambahkan hastag #offline dan #LizardSquad. Dua hastag itu adalah salah satu ciri khas LizardSquad saat berhasil menyerang sebuah situs.

Ternyata, situs yang sempat down bukan hanya Facebook dan Instagram. Menurut tweet LizardSquad, situs besar lain seperti Tinder, AIM, dan Hipchat juga dikatakan offline.

Teori serangan LizardSquad ini sepertinya juga diamini oleh beberapa pihak, misalnya tim Android Central (27/01). Mereka menyebutkan bila Facebook dan situs-situs tadi mengalami serangan virus DDoS yang berdampak pada pengguna dalam skala besar.

Beberapa pengguna juga melaporkan bila mesin pencari Microsoft, Bing, terkena masalah yang sama. Namun, masalah yang dialami Bing hanya berlangsung sebentar tidak seperti Facebook dan Instagram yang mencapai satu jam. [bbo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini