KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Google sediakan internet super cepat bagi rakyat miskin

Jumat, 19 Februari 2016 09:03 Reporter : Indra Cahya
Internet gratis dari Google. © forbes.com

Merdeka.com - Selain membantu para pengguna internet dengan search engine miliknya, Google ternyata juga membantu banyak orang untuk memperoleh akses internet yang cepat.

Dilansir dari Cnet (03/02), perusahaan asal The Mountain View, California ini berkomitmen untuk memberikan akses internet gratis kepada perumahan-perumahan skala kecil di Amerika Serikat. Tak hanya itu, melalui layanan Google Fiber miliknya, Google memberikan layanan internet ultra cepat berbasis fiber.

Sejak lama Google berkomitmen untuk menyediakan layanan internet bagi mereka yang kurang mampu. Berawal di 2011, Google sudah mengerahkan jaringan berbasis fiber di Kansas City, Amerika Serikat. Kini, mereka ingin memperluas jaringannya ke seluruh penjuru Amerika Serikat.

Normalnya, untuk layanan 1 Gigabit per detik, Google menarik tarif hampir 1 juta rupiah. Meski terbilang mahal, koneksi ini 100 kali lebih cepat daripada koneksi broadband pada umumnya. Namun tarif ini tidak berlaku bagi masyarakat miskin yang berada di dalam proyek Google Fiber ini, karena semuanya gratis.

Sebagai gambaran, koneksi 1 Gbps mumpuni untuk mengunduh sebuah video high-definition dalam waktu kurang dari 2 menit. Selain itu, koneksi tersebut memungkinkan kita untuk streaming 5 video high-definition secara bersamaan tanpa buffer. Koneksi itupun masih bisa kita gunakan untuk browsing dan email tanpa macet.

Dalam proyeknya, Google berencana untuk memberikan layanan internet gratis kepada 1.300 keluarga di Kansas City, Missouri dan Kansas City, Kansas, dengan kuota langganan 1Gbps. Google juga berencana membawa proyek internet gratisnya ini ke beberapa kota. Di antaranya Atlanta, Durham, North Carolina, dan Nashville. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Internet
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.