Google rilis Android 'N' versi developer, banyak pembaruan menarik!

Kamis, 10 Maret 2016 17:16 Reporter : Indra Cahya
Google rilis Android 'N' versi developer, banyak pembaruan menarik! Android N. © gsmarena.com

Merdeka.com - Hari ini Google merilis 'Developer Preview' dari Android "N" yang akan segera dirilis. Untuk saat ini, sistem operasi Android ini masih bernama "N," dan nama kudapan yang akan jadi nama resminya masih belum akan dirilis.

Dilansir dari GSM Arena (9/3), Google merilis 'developer preview' ini untuk memberi sedikit penampakan ke para pengembang bagaimana sistem operasi Android terbaru ini. Google pun merilis versi developer ini dengan tak terduga. Pasalnya raksasa teknologi tersebut biasa merilis versi developer ini di event tahunan I/O conference, yang dihelat bulan Mei.

Hal ini ditujukan agar para produsen smartphone dapat menggunakan sistem operasi yang belum memiliki nama ini lebih tepat waktu. Rencananya, sistem operasi ini akan dirilis menjelang akhir tahun 2016 mendatang.

Fitur terbaru yang terdapat dalam Android N ini adalah penambahan mode 'multi-window.' Dengan ini, layar smartphone yang kini makin lebar bisa membelah layar menjadi dua dan mampu membuat aplikasi yang kita buka dapat kita kontrol secara bersamaan, Mode yang juga dikenal sebagai 'split-screen multitasking' ini tak hanya bekerja di tablet, namun juga di smartphone, bahkan TV.

Selain itu, Android N mampu membalas pesan yang masuk, langsung dari notifikasi. Sistem ini menggunakan API yang sama dengan Android Wear, sehingga aplikasi yang cocok dengan sistem operasi smartwatch tersebut dapat bekerja tanpa harus mengganti kode.

Selain itu dari sisi notifikasi, akan diperkenalkan gestur dua jari untuk membuka notifikasi. Nantinya kita bisa memilih tipe notifikasi apa yang bisa kita buka, berdasarkan gestur jari yang kita gunakan.

Doze Mode juga akan lebih disempurnakan di Android N ini. Di mana untuk masuk ke mode ini dan menghemat baterai, tidak perlu menunggu hingga smartphone dalam keadaan standby lama. Di Android N, mode ini akan berjalan seketika ketika layar dimatikan.

Google sendiri telah merilis versi Android ini dengan menyediakan tautan yang dapat diunduh di website mereka. Namun versi ini terbatas hanya untuk developer. Jika digunakan untuk sehari-hari oleh konsumen, tentu akan banyak bug dan crash. Google berjanji untuk memperlihatkan versi final dari Android N ini sesegera mungkin sebelum dipasarkan. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Android
  2. Google
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini