Google Pecahkan Masalah Lingkungan dan Sosial Berbasis Kecerdasan Buatan

Rabu, 10 Juli 2019 08:22 Reporter : Merdeka
Google Pecahkan Masalah Lingkungan dan Sosial Berbasis Kecerdasan Buatan ilustrasi pencarian Google. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) merupakan salah satu teknologi canggih yang menjadi sorotan, dan paling cepat berkembang.

Dalam budaya pop, kecanggihan AI diperkenalkan lewat sejumlah film Hollywood, seperti The Terminator, The Matrix, A.I (Artificial Intelligence), Her, dan Ex-Machina.

Meski sering digambarkan sebagai teknologi super canggih dan perlu bertahun-tahun diimplementasikan di kehidupan nyata, ternyata tool berbasis kecerdasan buatan telah membantu kita dalam kegiatan sehari-hari.

Tak hanya itu, banyak perusahaan teknologi yang mengembangkan tools untuk membantu pengembang menemukan pola dalam data yang kompleks dan mengatasi berbagai tantangan terbesar yang belum terpecahkan masyarakat.

Salah satu perusahaan teknologi tersebut adalah Google. Lewat pernyataan CEO Google, Sundar Pichai, pada gelaran Google I/O 2017, raksasa mesin pencari itu berkomitmen untuk lebih fokus mengintegrasikan produk mereka dengan AI.

Saat itu dia mengatakan, dunia teknologi tak lagi berkutat pada teknologi berbasis mobile konvensional, dan sudah berevolusi dari "mobile first" ke "AI first".

Dua tahun berjalan, lalu bagaimana pengembangan teknologi AI ke semua produk dan layanan Google?

Bertempat di kantor Google Jepang, Rabu (10/7), perusahaan bakal mengungkap informasi terkini tentang penelitian dan pengembangan Google AI untuk proyek dengan dampak sosial yang diberi nama AI for Social Good.

Bermitra dengan organisasi eksternal, Google ingin bekerja menuju solusi dalam berbagai bidang sosial, seperti kesehatan, perlindungan alam, pendidikan, dan pencegahan bencana.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Yuslianson [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini