Google Kena Denda, Kenapa?

Kamis, 1 Desember 2022 09:44 Reporter : Merdeka
Google Kena Denda, Kenapa? Google Pixel 4a Series. ©2020 OnLeaks x 91Mobiles

Merdeka.com - Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC) dan tujuh jaksa agung negara bagian melayangkan tuntutan hukum terhadap Google yang diduga membayar penyiar radio iHeartMedia seharga 2,6 juta dolar untuk mereview smartphone Google Pixel 4 secara positif tanpa benar-benar menggunakan perangkat tersebut.

Tuntutan hukum itu diajukan terhadap Google dan iHeartMedia karena menyiarkan hampir 29.000 review menipu yang mempromosikan pengalaman penyiar radio atau influencer selama menggunakan ponsel Google Pixel 4 pada tahun 2019 dan 2020, mengutip dari BizzBuzz.com pada Rabu (30/11).

Menurut FTC, pada tahun 2019, Google menyewa iHeartMedia dan 11 jaringan radio lainnya di sepuluh pasar utama untuk memiliki rekaman dan dukungan penyiaran untuk Pixel 4.

"Google dan iHeartMedia membayar influencer untuk mempromosikan produk yang tidak pernah mereka gunakan, menunjukkan rasa tidak hormat yang terang-terangan terhadap aturan periklanan yang sebenarnya," kata Samuel Levine, Direktur Biro Perlindungan Konsumen, Senin (28/11).

Menurut laporan The Verge, Selasa (29/11), siaran pers FTC menyatakan bahwa pada mayoritas iklan Pixel 4 itu, influencer tidak diberikan perangkat meskipun iHeartMedia meminta ponsel sebelum perekaman pada Oktober 2019, seperti yang tercantum dalam keluhan.

Sebagai bagian dari penyelesaian, baik Google maupun iHeartMedia akan dilarang memberikan gambaran yang salah tentang pengalaman para influencer. Keduanya juga akan membayar 9,4 juta dolar ke negara bagian yang mereka setujui.

Juru bicara Google José Castaneda mengatakan pihaknya senang telah menyelesaikan masalah ini. Kata dia, ini merupakan bagian dari komitmen Google dalam mematuhi undang-undang.

"Kami mematuhi undang-undang periklanan dengan serius dan menerapkan proses yang dirancang untuk membantu memastikan bahwa kami mengikuti peraturan dan standar industri yang relevan," ujar Castaneda kepada The Verge.

Reporter Magang: Dinda Khansa Berlian

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini