Google Gulirkan Opsi Dark Mode di Play Store

Jumat, 13 September 2019 12:19 Reporter : Merdeka
Google Gulirkan Opsi Dark Mode di Play Store ilustrasi pencarian Google. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bersamaan dengan update Android 10 yang sudah meluncur pada beberapa perangkat, Google juga meluncurkan fitur dark mode untuk Gmail.

Selain Gmail, Google diyakini bakal menggulirkan update ke semua layanan miliknya sehingga memiliki opsi dark mode.

Salah satu aplikasi yang akan memiliki opsi dark mode selain Gmail adalah Play Store. Kehadiran opsi dark mode tersebut pertama kali diketahui oleh editor-in-chief XDA Developers, Mishaal Rahman.

Dikutip dari laman Android Authority via Liputan6.com, Jumat (13/9), Mishaal mendapati tampilan Play Store di Pixel 2 XL--yang berjalan di Android 10--tiba-tiba berubah warna menjadi hitam.

Dia menyadari, perubahan itu ketika mengaktifkan fitur Dark Theme pada perangkat.

Kendati demikian, diyakini fitur dark mode di Play Store ini masih belum menyebar secara merata ke seluruh pengguna dan masih terbatas.

Berdasarkan laporan Android Central, Google mulai menggulirkan dark mode di Gmail lewat pembaruan berdasarkan server.

Mengutip laman Phone Arena, Jumat (13/9/2019), jika opsi dark mode di Gmail ini sudah tersedia, pengguna memiliki pilihan untuk mengatur tampilan Gmail di smartphone.

Ada tiga opsi tampilan Gmail, yakni Light atau terang, Dark alias gelap, dan System Default atau sesuai pengaturan awal. Untuk bisa memilih tampilan Gmail, pastikan perangkat memiliki aplikasi Gmail versi terbaru yakni 2019.08.18.267044774.

Kendati demikian, beberapa pengguna Android dengan aplikasi Gmail versi terbaru belum mendapatkan pembaruan yang memuat modus gelap, mereka malah melaporkan bahwa widget Gmail sekarang tampil dalam modus gelap secara otomatis.

Untuk memastikan apakah aplikasi Gmail kamu sudah memiliki opsi dark mode, kamu bisa membuka aplikasi Gmail dan mengetuk setting atau setelan (tiga titik di sudut kiri atas Gmail). Kemudian kamu bisa geser layar ke bawah dan pilih menu Setting > General Setting.

Sekadar informasi, Google menambahkan dark mode ke aplikasinya dengan tujuan untuk melindungi mata pengguna dari cahaya terang pada latar putih di sejumlah aplikasi Android, terutama yang memakai material desain milik Google.

Aplikasi-aplikasi berlatar pulih bisa terasa menyilaukan dan menyebabkan ketegangan mata. Selain itu, di malam hari, saat pengguna melihat layar smartphone dengan lampu mati, latar belakang putih bisa mengganggu orang-orang di ruangan yang sama dengan si pengguna smartphone.

Google menilai, dark mode bisa membantu mencegah hal tersebut terjadi dengan membalikkan teks hitam pada layar putih menjadi teks putih pada layar hitam atau abu-abu.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Yuslianson [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini