Google bantu NASA temukan dunia alien

Selasa, 19 Desember 2017 10:14 Reporter : Indra Cahya
Google bantu NASA temukan dunia alien Tata Surya Kepler. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Berkat Google dan kecerdasan buatannya, kita kini terhubung dengan tata surya lain di luar tata surya kita.

Melansir Mashable, para ilmuwan telah menemukan sebuah planet kedelapan yang mengitari bintang yang diberi nama Kepler-90. Tata surya kita dan tata surya Kepler-90 adalah tata surya yang memiliki paling banyak planet yang diketahui ilmuwan.

Planet baru yang ditemukan ini bernama Kepler-90i, ditemukan dengan menggunakan teknologi pembelajaran mesin canggih dari Google, yang secara efektif mengajarkan komputer untuk menemukan pola dalam kumpulan data yang sangat besar.

Dalam kasus penemuan planet ini, kumpulan data diambil dari sinyal yang ditemukan oleh Telescope Kepler dari NASA yang memang bertugas 'berburu' planet dengan melihat intensitas cahaya bintang yang akan meredup jika ada planet lewat di depannya dari persepektif Bumi.

Astronom Andre Vanderburg dan Christopher Shalue dari Google, 'melatih' kecerdasan buatan tersebut dengan memasukkan data kepler ke database, berdasarkan 15.000 sinyal dari banyak sekali planet kerdil yang sebelumnya sudah disimpan NASA. Setelah itu, barulah kecerdasan buatan memindai 670 sistem bintang lain untuk mencari planet.

Selain Kepler-90i, ditemukan juga Kepler-80g yang juga satu tata surya dengan Kepler-90i, namun memiliki 5 bulan yang mengitarinya.

Kepler-90i sendiri bukan planet yang bisa dihuni. Planet ini berbatu dan sangat panas, karena satu kali revolusi, dibanding Bumi yang harus menempuh satu tahun, ditempuh hanya dalam waktu 14,4 minggu. Temperaturnya bahkan mencapai 427 derajat Celcius.

Menurut NASA, tata surya Kepler sendiri juga sangat berbeda dengan kita. Karena jalur orbit kedelapan planet ini tak lebih besar dari jalur orbit Bumi.

mampukah Google berburu 'dunia alien' lain? Kita lihat saja. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini