Geekbench: iPhone telak tinggalkan Android

Senin, 2 Oktober 2017 10:44 Reporter : Indra Cahya
iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam beberapa tahun terakhir, Apple tak bisa dipungkiri telah menciptakan 'gap' performa dengan berbagai perangkat berbasis Android. Hal ini dilakukan dengan membuat prosesor paling bertenaga yang jadi motor dari iPhone.

Tahun ini tak berbeda, Apple iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X, mengusung chipset terbaru yakni A11 Bionic, yang kini telah dinobatkan jadi prosesor mobile paling bertenaga saat ini.

Melansir Phone Arena, John Poole, founder dari Primate Labs, perusahaan yang membuat Geekbench website benchmark performa smartphone, telah membuktikan sendiri bahwa iPhone terbarumencetak nilai 50 persen lebih baik ketimbang semua perangkat Android terbaik yang ada.

Uniknya, pasca Samsung S8 dan S8+ mengusung performa lebih baik dari iPhone 7 dan 7 Plus pasca kedua flagship Samsung itu rilis, iPhone 8 dan 8 Plus membuat gap yang jauh lebih lebar lagi, yang diperkirakan sulit dikejar Samsung meski tahun depan mereka mengusung chipset yang dibagun dengan teknologi 7 nanometer.

Poole sendiri merasa bingung mengapa pelesatan performa ini hanya terjadi di Apple, meski beberapa Android papan atas seperti Samsung S8 juga mengaplikasikan prosesor tercanggih?

"Hal yang tidak sepenuhnya saya mengerti adalah mengapa dari sisi kinerja, Android stagnan. Anda tidak melihat lompatan besar ke depan (dari sisi Android). Saya tidak mengerti apa yang terjadi di sana," ungkap John Poole.

Diprediksi, keputusan Apple untuk mendesain dan mengembangkan prosesornya sendiri, adalah langkah yang tepat untuk memahami apa yang paling dibutuhkan dan paling mengerti arah kinerja iPhone.

Meski Samsung memiliki lini Exynos dan Huawei memiliki Kirini, perangkat Android seringkali mengusung chipset yang diproduksi perusahaan lain. Samsung dan Huawei sendiri sebagian besar mengusung chipset produksi perusahaan lain pada sebagiann besar smartphone mereka. Hal ini tentu membuat perangkat Android jadi cukup sulit untuk kejar-kejaran lagi dengan Apple. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. IPhone X
  3. IPhone 8
  4. Android
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini