Gawat, sering pakai 'mbah' Google jadi tanda kebodohan!

Senin, 9 Maret 2015 15:07 Reporter : Bramy Biantoro
Gawat, sering pakai 'mbah' Google jadi tanda kebodohan! Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Percaya atau tidak, smartphone ternyata bisa membuat penggunanya semakin bodoh. Selain itu, frekuensi pemakaian smartphone juga dapat mencerminkan tingkat kecerdasan seseorang.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Waterloo di Kanada, smartphone dinyatakan membuat banyak orang semakin malas. Hal ini disebabkan oleh pemikiran yang menganggap smartphone adalah perpanjangan dari otak mereka.

Fenomena ini terlihat dari banyaknya orang yang mengedepankan Google sebagai sumber informasi yang instan. Sekilas hal ini nampak berguna, namun jika terus dilakukan justru dapat mengurangi keaktifan otak.

Pengguna smartphone yang lebih mengandalkan 'mbah' Google dianggap menganaktirikan daya ingat mereka sendiri. Dan jika tidak segera berubah, kebiasaan googling akan berubah menjadi indikasi 'kebodohan'.

"Penelitian kami membuktikan bila frekuensi penggunaan smartphone tinggi berkaitan dengan kecerdasan yang lebih rendah," ujar Gordon Pennycook, ilmuwan dari Universitas Waterloo, Daily Mail (08/03).

Penelitian itu juga menyatakan bila orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi cenderung menghabiskan waktu lebih sedikit bersama smartphone atau Google. Alhasil, tingkat ketergantungan pun menurun drastis karena mereka menganggap bisa menyelesaikan banyak persoalan tanpa smartphone.

Hal sebaliknya terjadi pada mereka yang mempunyai kecerdasan atau daya ingat rendah. Bagaimana dengan Anda? [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini