Gandeng UI, Bahaso buat platform online untuk belajar bahasa asing

Reporter : Bramy Biantoro | Kamis, 13 Agustus 2015 17:41
Gandeng UI, Bahaso buat platform online untuk belajar bahasa asing
Bahaso. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Untuk menghadirkan platform belajar bahasa asing online yang bisa diakses secara luas lewat media daring dan mobile, Bahaso.com telah bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI).

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Bahaso.com dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, tepatnya Senin (10/08) lalu.

Dengan ditandatanganinya MoU tersebut, kini Bahaso.com dan UI bisa melakukan riset bersama dan mengembangkan konten (dan metodologi) berupa platform belajar bahasa asing online. Harapannya, kerjasama ini bisa membantu masyarakat Indonesia untuk menguasai bahasa asing secara cepat, mudah, efektif dan efisien.

Yang tidak kalah hebat, proses pengembangan platform belajar online ini didukung oleh pakar pengajaran bahasa terbaik di Indonesia. Rencananya, seluruh pengguna Bahaso yang telah menyelesaikan pembelajaran juga akan mendapatkan sertifikat dari FIB Universitas Indonesia.

Perlu diketahui, Bahaso sendiri merupakan sosial media untuk para pembelajar bahasa asing, saat ini masyarakat sudah bisa mengakses melalui versi beta di www.bahaso.com. Untuk versi aplikasi mobile Bahaso di Android dan iOS sendiri masih dalam tahap pengembangan.

"Misi kami dari Bahaso yaitu adalah untuk merevolusi cara orang belajar bahasa asing dan menjadikan masyarakat Indonesia memiliki kemampuan berbahasa asing guna menyambut globalisasi dan MEA pada akhir tahun ini, dengan dukungan dan kerjasama antara Bahaso dan Universitas Indonesia, maka kami yakin misi ini mampu kita wujudkan bersama, kami ingin melihat masyarakat Indonesia mahir berbahasa asing minimal Bahasa Inggris, jika mereka menguasai Bahasa Inggris kami meyakini tingkat perekonomian mereka akan naik," ujar Tyovan Ari Widagdo selaku founder dan CEO dari Bahaso.

Senada dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A mengatakan bila kerjasama ini merupakan kontribusi nyata FIB UI kepada masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Tyovan mengungkapkan bila saat ini Bahaso masih dalam fase beta dan baru tersedia belajar bahasa inggris. Tetapi dia menambahkan jika nantinya akan ada bahasa-bahasa lain seperti mandarin, jerman, jepang, spanyol dan yang lainnya dalam Bahaso.

Baca juga:
Telkomsel dan Samsung genjot developer lokal ke kancah internasional
PopBox, startup loker online dapat dana dari East Ventures
Kemkominfo 'buka lowongan' pengembang aplikasi desa broadband
Hadir di Windows 10, ini senjata Mailbird untuk kalahkan Outlook
Triawan Munaf ajak ibu rumah tangga belajar pemrograman

[bbo]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE