Fixed broadband jadi prioritas Menkominfo tahun 2016

Rabu, 6 Januari 2016 15:01 Reporter : Fauzan Jamaludin
Fixed broadband jadi prioritas Menkominfo tahun 2016 Menkominfo Rudiantara. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan jika pihaknya di tahun 2016 ini tetap akan memfokuskan broadband sebagai program kerjanya. Khusus di tahun ini, fixed broadband akan lebih dititikberatkan.

"Tahun 2016 kita akan tambahkan fokusnya pada fixed broadband. Karena the true broadband adalah fixed broadband," ujar dia saat ditemui di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rabu (6/1).

Sebelumnya, menteri yang akrab disapa Chief RA ini mengakui jika pada tahun 2015, pembangunan fokus pada wireless broadband atau mobile broadband.

Dia pun mengutarakan alasannya mengapa fixed broadband difokuskan pada tahun ini. Menurutnya, dari sisi infrastruktur, pengembangan mobile broadband cenderung bisa cepat sementara fixed broadband membutuhkan waktu panjang.

Kendati begitu, Menkominfo tetap akan menggenjot optimalisasi dari mobile broadband sendiri melalui frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz. Rencananya hal itu akan dilakukan pada semester pertama tahun ini.

"Bisa saja nanti 2,1 GHz dikombinasikan dengan 2,3 GHz untuk 4G LTE. Kan ada TDD, teknologi dan perangkatnya sudah tersedia. Di semester pertama diselesaikan," terang pria yang pernah malang melintang di industri telekomunikasi itu. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. Menkominfo
  2. Internet Indonesia
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini