Fintech Modalku Salurkan Pendanaan pada Merchant Shopee, Total Tembus Rp 55 Miliar

Jumat, 26 November 2021 13:23 Reporter : Syakur Usman
Fintech Modalku Salurkan Pendanaan pada Merchant Shopee,  Total Tembus Rp 55 Miliar Modalku. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Modalku, platform pendanaan digital di Indonesia, menyalurkan pendanaan kepada lebih 4.000 penjual (merchant) Shopee. Ini hasil kolaborasi kedunya sejak 2019.

Modalku bersama Shopee berkomitmen memberikan solusi pendanaan kepada UMKM yang tergabung di Shopee melalui proses online sederhana agar mendorong pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualannya. Saat ini, jumlah penyaluran pendanaan yang dicapai lebih Rp 55 miliar.

Area penyaluran pendanaan dari kerja sama ini juga tidak terbatas di Pulau Jawa, tapi luar Pulau Jawa termasuk Batam, Makassar, Medan, Palembang, dan Bali.

Marsya Juwita, AVP Partnership Success Lead Modalku, mengatakan sejauh ini e-commerce di Indonesia masih menunjukkan potensi tren positif terutama saat pandemi Covid-19, peran bisnis digital menjadi sangat penting bagi roda perekonomian Indonesia.

"Kami terus mengamati pengaruh dari kolaborasi Modalku dengan Shopee untuk mendorong kemajuan para pelaku UMKM. Akses pendanaan yang kami berikan saat ini disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik pengusaha online. Harapan kami, ke depannya akses pendanaan ini dapat terus menjadi salah satu solusi untuk pelaku UMKM serta dapat terus menunjukkan manfaat yang signifikan untuk kemajuan bisnis mereka,” ujar Marsya dalam rilisnya, kemarin.

Penjual di Shopee dapat memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp 250 juta dengan suku bunga terjangkau. Selain itu, para penjual di Shopee juga dapat
memperoleh cashback biaya admin sebesar 50 persen berupa vocer Shopee. Seluruh proses pengajuan hingga pencairan dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee dengan kurun waktu maksimal 3 hari kerja untuk proses pencairan dana.

Industri fashion, peralatan rumah tangga, kosmetik, serta perawatan tubuh menjadi kategori industri yang paling banyak didanai. Sebagian besar pinjaman yang disalurkan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan modal pengembangan usaha.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, menambahkan kami menyambut baik kolaborasi dengan Modalku. Kerja sama ini sejalan dengan tujuan kami memberikan fasilitas akses pendanaan kepada UMKM yang tergabung di Shopee sehingga dapat dibantu.

"Kami ingin terus memberikan kesempatan dan peluang yang besar kepada para pelaku UMKM agar dapat bersaing sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang,” katanya.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, dan Thailand dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini Grup Modalku mencatat penyaluran pinjaman usaha Rp 27,43 triliun pada lebih dari 4,8 juta transaksi pinjaman UMKM. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Modalku
  3. Fintech
  4. UMKM
  5. Shopee
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini