Facebook tumbang, pengguna 4 benua jadi korban

Selasa, 27 Januari 2015 16:23 Reporter : Bramy Biantoro
Facebook tumbang, pengguna 4 benua jadi korban Facebook. © aljoumhouria.com

Merdeka.com - Kasus down Facebook yang terjadi hari telah memicu 'keributan' berskala global. Usut punya usut, ternyata pengguna yang menjadi korban tersebar di hampir semua benua dengan penduduk terpadat.

Seperti yang dilansir oleh Phys.org (27/01), tumbangnya Facebook tersebut dialami oleh pengguna di Asia, Amerika, Australia, dan Inggris. Sehingga total ada jutaan atau bahkan miliaran pengguna dari empat benua yang tidak bisa menikmati Facebook selama satu jam hari ini.

Lebih lanjut, para insinyur Facebook diketahui sudah berhasil menemukan penyebab dari 'down' global tersebut. Namun, mereka belum mau mengungkapkan penyebab itu pada publik.

Di lain pihak, grup hacker LizardSquad diduga menjadi dalang di balik tumbangnya Facebook. Lewat akun Twitter resminya, LizardSquad men-tweet kasus down ini dengan menambahkan hastag #offline dan #LizardSquad. Salah satu ciri khas LizardSquad saat berhasil menyerang sebuah situs.

Teori serangan LizardSquad ini sepertinya juga diamini oleh beberapa pihak, misalnya tim Android Central (27/01). Mereka menyebutkan bila Facebook dan situs-situs tadi mengalami serangan virus DDoS yang berdampak pada pengguna dalam skala besar. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Facebook
  2. Jejaring Sosial
  3. Facebook Down
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini