Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tumbang, Apa Penyebabnya?

Selasa, 5 Oktober 2021 08:24 Reporter : Merdeka
Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tumbang, Apa Penyebabnya? Ilustrasi Facebook. ©2013 Merdeka.com/sexyli.com

Merdeka.com - Pengguna di seluruh dunia melaporkan tidak dapat mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Mengutip BleepingComputer, Senin (4/10/2021), hal ini terjadi karena adalah masalah pada DNS (Domain Name System). Sejumlah pengguna disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

"Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics," demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan "Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti."
Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.
Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

2 dari 2 halaman

Tumbang Semalam

Layanan aplikasi perpesanan WhatsApp, media sosial Facebook dan Instagram down, Senin (4/10) malam. Keluhan pengguna internet diutarakan melalui media sosial Twitter dan menjadi trending topik di Indonesia dan dunia, Senin malam.

"WA, FB dan Instagram sedang down," ujar Ari di layanan perpesanan Telegram, Senin malam.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, berbagai meme mengenai tumbangnya layanan milik keluarga Facebook ini meramaikan jejaring sosial. Dilansir Tekno Liputan6.com, di laman pendeteksi situs down, DownDetector pada Senin (4/10) malam menunjukkan bahwa pengguna Instagram di seluruh dunia mengeluhkan tumbangnya layanan Instagram.

Tumbangnya Instagram dirasakan oleh hampir seluruh penggunanya di dunia. Lebih dari 76 ribu keluhan dari pengguna memenuhi DownDetector pada Senin malam. Keluhan pengguna paling banyak adalah aplikasi tidak bisa diakses, website yang error, serta koneksi server yang tumbang.

Para pengguna di seluruh dunia termasuk di Swiss, Malaysia, Monaco, Jepang, Inggris, Indonesia, Kanada, Iran, Israel, Argentina, dan lain-lain mencuitkan tumbangnya layanan media sosial Facebook ini.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Iskandar

[faz]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Instagram
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini