KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Eye Tracking, mengendalikan game dengan mata

Selasa, 2 April 2013 00:07 Reporter : Yoga Tri Priyanto
eye tracking. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kini, Eye Tracking bukan hanya untuk mengoperasikan komputer, teknologi tersebut juga dapat digunakan untuk bermain game.

Dikutip dari Mashable (31/3), sebuah demo dilakukan untuk menunjukkan bagaimana mengontrol StarCraft II menggunakan mata. Contohnya adalah saat ingin membuka peta dengan menekan tombol panah, akan lebih mudah dengan menggerakkan mata.

Perlu diketahui bahwa sistem Eye Tracking ini dapat mengenali pergerakan mata Anda dengan bantuan infrared dan kamera tersembunyi yang berfungsi untuk mendeteksi retina.

Sebelumnya, Eye Tracking sudah diperkenalkan sejak tahun 2011 lalu. Dalam peluncurannya yang dipamerkan di pameran teknologi CeBit di Jerman, beberapa pihak sempat meragukannya. Namun dari percobaan yang telah dilakukan media teknologi termasuk Engadget, mereka dapat menyimpulkan bahwa teknologi ini bekerja cukup baik, bahkan sistem mampu mendeteksi pergerakan retina dengan akurat.

Bukti kinerja apik yang ditunjukkan oleh Eye Tracking ini disambut baik oleh gamer. Bahkan muncul rumor, teknologi Eye Tracking ini akan mempengaruhi game-game lainnya. Menarik untuk kita tunggu.

Baca juga:
Peringati April Mop, sembilan game Xbox 360 turun harga
Batman: Arkham Origins tersedia di PS 4?
Windows Phone disantroni Temple Run
Main game tak harus lewat Xbox atau PS
Ouya, konsol game murah berbasis Android yang tidak murahan

Topik berita Terkait:
  1. Game
  2. Teknologi

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.