Erupsi Gunung Semeru, XL Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman

Rabu, 8 Desember 2021 07:45 Reporter : Fauzan Jamaludin
Erupsi Gunung Semeru, XL Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman BTS 4G XL. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - XL Axiata memastikan secara umum semua layanan telekomunikasinya aman, tidak terdampak secara signifikan oleh terjadinya erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12). Dalam keterangan persnya, mereka menyebutkan memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut.

"Kami akui, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir," ujar Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto.

Menurutnya, BTS XL Axiata yang terdekat berjarak sekitar 11 km dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu dan pasirnya sangat dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS.

"Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset. Kami akan berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di area bencana ini karena tentu saat ini layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat," jelas dia.

Hingga 7 Desember 2021, jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang terutama Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Tempursari telah berangsur normal kembali.

Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data. Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik di beberapa area pasca erupsi, maka semua BTS yang sempat terdampak juga sudah bisa beroperasi lagi. XL Axiata memiliki lebih dari 103 BTS di Kabupaten Lumajang, termasuk di lokasi.

Selain itu, tim XL Axiata juga akan segera memasang router di titik yang paling dekat dengan pengungsian guna memudahkan warga dan aparat mengakses layanan data dan internet. Kartu perdana dengan kuota data internet gratis dan telepon umum gratis juga akan disediakan.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini