Ericsson Proyeksikan Pengguna 5G di 2027 Sentuh 4,4 Miliar

Selasa, 19 Juli 2022 09:26 Reporter : Merdeka
Ericsson Proyeksikan Pengguna 5G di 2027 Sentuh 4,4 Miliar Ilustrasi BTS. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Amerika Utara diperkirakan akan memimpin dunia dalam penetrasi langganan 5G dalam lima tahun ke depan, dengan sembilan dari setiap 10 langganan di wilayah tersebut diperkirakan akan menjadi pengguna 5G pada tahun 2027.

Perkiraan tersebut dimuat dalam edisi terbaru Ericsson (NASDAQ: ERIC) Mobility Report, yang juga memprediksi bahwa langganan 5G global saat ini akan melewati capaian satu miliar pada akhir tahun 2022.

Hasil report tersebut, mencakup proyeksi bahwa 5G akan mencakup: 82 persen langganan di Eropa Barat; 80 persen di kawasan Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk (Gulf Cooperation Council - GCC); dan 46 persen di Asia Tenggara dan Oseania.

"Ericsson Mobility Report yang terbaru memberi konfirmasi 5G sebagai generasi teknologi seluler dengan pertumbuhan tercepat yang pernah ada, dan Ericsson memainkan peran kunci dalam mewujudkannya. Kami terus berupaya bersama pelanggan dan mitra kami di seluruh dunia untuk memastikan jutaan orang, perusahaan, industri, dan masyarakat menikmati manfaat konektivitas 5G sesegera mungkin," ujar Fredrik Jejdling, Executive Vice President and Head of Networks, Ericsson dalam keterangannya, Selasa (19/7).

Laporan ini juga menyoroti peningkatan akan pentingnya peran Fixed Wireless Access (FWA) dalam penyampaian layanan broadband. Ericsson memperkirakan jumlah koneksi FWA akan melebihi 100 juta pada tahun 2022, angka yang diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2027, yakni mencapai hampir 230 juta.

Sementara untuk Internet of Things (IoT), laporan tersebut mencatat bahwa pada tahun 2021, broadband IoT (4G/5G) mengambil alih 2G dan 3G sebagai teknologi yang menghubungkan bagian terbesar dari semua perangkat seluler yang terhubung dengan IoT, terhitung sebanyak 44 persen dari seluruh koneksi.

Teknologi IoT yang masif (NB-IoT, Cat-M) meningkat hampir 80 persen selama tahun 2021, mencapai hampir 330 juta koneksi. Jumlah perangkat IoT yang terhubung dengan teknologi ini diperkirakan akan melampaui 2G/3G pada tahun 2023.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ericsson
  3. 5G
  4. Viral Hari Ini
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini