Era teknologi 5G masih jauh, tapi perlu disiapkan

Jumat, 20 November 2015 09:43 Reporter : Fauzan Jamaludin
Era teknologi 5G masih jauh, tapi perlu disiapkan Kristiono. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Kristiono, mengatakan meskipun teknologi 5G masih lama untuk diadopsi di Indonesia, namun negeri ini butuh persiapan yang matang untuk menyambut teknologi tersebut. Persiapan yang dimaksudnya ini, seperti model bisnis, regulasi, device, network, dan aplikasi.

"Generasi kelima akan terjadi 5 tahun lagi atau pada tahun 2020, justru pentingnya di situ, kita jangan tunggu teknologi komersial baru beli kita akan terlambat dan tidak akan bisa ikut mengambil peran yang signifikan. Justru dari awal harus serius mengikuti dan terlibat memikirkan dlm perspektif yang luas, regulasi bagaimana, bisnis model bagaimana, industri harus dibangun jangan hanya sampai sekadar sebagai konsumen dan importir teknologi. Harusnya kita mengambil peran yang lebih luas dengan memanfaatkan nilai yang lebih tinggi," jelasnya disela-sela diskusi 5G di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Kamis (19/11).

Oleh sebab itu, kata Dia, konkret persiapan dalam menyambut teknologi 5G ini adalah dengan rutinnya diskusi yang dilakukan oleh pemerintah dan stakeholder terkait yang berujung pada penyelesaian tantangan di era 5G ke depan.

"Konkret persiapannya pertama punya forum tetap yang terdiri dari pemerintah, masyarakat, universitas, pelaku industri yang mempelajari dan melakukan riset benchmark ke negara lain untuk mencari bisnis model yang baik, mengembangkan ekosistem, device, network dan aplikasi dibangun di Indonesia dalam 5 tahun, jadi saat teknologi masuk bukan sekadar teknologi yang bangun tapi juga layanan dan industri nasionalnya juga tumbuh. Industri ada di sini, infrastruktur di sini, gadget juga. Smartphone 5G dibangun di sini, aplikasi dikembangkan juga di sini harapannya begitu," ungkapnya. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. Internet Indonesia
  2. Telco
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini