Dunia game berduka, pencipta konsol game pertama meninggal dunia

Selasa, 9 Desember 2014 10:03 Reporter : Bramy Biantoro
Dunia game berduka, pencipta konsol game pertama meninggal dunia Konsol game pertama. © NPR

Merdeka.com - Dunia game tengah berduka, sebab salah satu orang terpenting dalam lahirnya konsol game telah berpulang. Dia adalah pencipta konsol game pertama, Ralph Baer.

Ralph Baer meninggal di umur 92 tahun pada hari Sabtu kemarin (06/12). Kabar ini cukup mengejutkan publik dunia. Bahkan, meninggalnya mantan pegawai kontraktor pertahanan Amerika itu perlu dipastikan oleh media setempat, salah satunya New York Times,CNET (08/12).

Baer tercatat sebagai pencipta dari 'BrownBox' yang diklaim sebagai cikal bakal konsol game modern. BrownBox kemudian dipatenkan oleh Magnavox dan 'lahir kembali' sebagai konsol Odyssey pada tahun 1972. Nah, Odyssey dipercaya sebagai konsol game pertama sekaligus nenek moyang dari Xbox dan PlayStation yang ada saat ini.

Sebagai konsol game pertama, Odyssey adalah konsol game yang sangat sederhana. Perangkat gaming tersebut tidak mengeluarkan suara dan memakai baterai untuk bisa hidup. Namun, Odyssey masih tetap menjadi konsol game pertama yang mampu menampilkan gambar lewat layar TV.

Sayangnya, konsol game yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan itu hanya terjual sekitar 100.000 unit di tahun awal peluncurannya. Beberapa tahun setelahnya, nama Odyssey sudah tenggelam saat konsol game Atari 2600 meledak di pasaran.

Menariknya, Baer tercatat pernah menjadi intelijen militer Amerika di London selama Perang Dunia ke-2. Pria keturunan Yahudi Jerman juga diketahui mengoleksi sekitar 18 ton senjata Nazi yang kini dipajang di museum militer Amerika.

Baer juga pernah mendapat penghargaan prestisius di bidang teknologi oleh Presiden George W. Bush di tahun 2006 sebagai seorang pionir di dunia video game. Selamat jalan Ralph Baer. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Konsol Game
  2. Teknologi
  3. TekStory
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini