Dukung konten lokal, 600 situs daftar KlikIndonesia

Jumat, 14 Desember 2012 17:02 Reporter : Dwi Andi Susanto
KlikIndonesia © 2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sambutan yang luar biasa diberikan kepada KlikIndonesia setelah dideklarasikan pada tanggal 12-12-2012 kemarin. Dalam waktu yang singkat saja, banyak situs lokal yang mendaftar di website resminya.

Sampai saat ini sekitar 600 situs telah terdaftar secara resmi ke KlikIndonesia. Tentunya, hal tersebut merupakan satu kebanggaan karena sejak dideklarasikannya, sambutan positif terus mengalir diberikan oleh banyak pihak. KlikIndonesia adalah gerakan masyarakat yang cinta dan bangga akan konten internet bangsa sendiri.

Sifat nasionalisme secara serempak muncul karena 'penjajahan' konten luar yang sampai saat ini kurang lebih 70% konten Indonesia dikuasai pihak luar. Tanpa dorongan atau paksaan, berbondong-bondong pemilik situs lokal mendaftarkan website mereka ke KlikIndonesia.org atau KlikIndonesia.co.id.

"Kami tidak menduga sambutan masyarakat begitu besar. Sudah sekitar 600 situs mendaftar, terima kasih dukungan masyarakat," kata Henri K Soemartono, ketua KlikIndonesia pada merdeka.com.

Pendaftaran situsnya juga tidak direpotkan birokrasi yang berbelit-belit karena pendaftaran bukan dilakukan oleh admin dari pengurus KlikIndonesia melainkan dilakukan secara mandiri oleh pemilik situs yang mendaftar (user generated content).

Memang saat ini, situs-situs yang telah masuk masih tercampur menjadi satu. Menurut Henri, situs-situs tersebut nantinya akan dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing. Dari 600 situs yang terdaftar ternyata tidak didominasi oleh website terkenal saja, banyak juga situs-situs baru, situs perusahaan dan situs unik yang ikut mendaftar.

Ke depannya, tidak hanya untuk mengelompokkan dan mengumpulkan situs-situs asli Indoensia saja, KlikIndonesia juga berencana untuk memberikan semacam klinik atau workshop tentang konten internet. Dalam pelatihan itu, KlikIndonesia tidak sendiri tetapi akan melibatkan berbagai pihak. Baik dari kalangan pengembang konten yang sudah sukses, kalangan investor modal ventura (venture capital), pemerintah, akademisi dan lain-lain.

Deklarasi KlikIndonesia ini juga didukung oleh banyak artis, seniman dan musisi ternama di Indonesia. Bahkan ada video clip yang khusus diciptakan dengan judul Klik kita untuk Indonesia. Video tersebut merupakan kolaborasi dari banyak pihak serta sederet artis, musisi dan seniman seperti Abdee Slank, Saharani, Iwa K, Sujiwo Tedjo dan banyak lagi.

Bahkan dengan ditambahkannya video clip di bagian atas KlikIndonesia.org atau KlikIndonesia.co.id tersebut, banyak pihak memberikan pujian. Lagu tersebut gampang diingat dan easy listening. Diharapkan dengan melihat video clip, akan banyak pihak lagi yang akan mendaftarkan situsnya sekaligus mendukung gerakan KlikIndonesia.

[das]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.