Dorong Riset Farmasi, Daewoong Foundation dan ITB Akan Bangun DDS Research Institute

Rabu, 5 Oktober 2022 15:59 Reporter : Syakur Usman
Dorong Riset Farmasi, Daewoong Foundation dan ITB  Akan Bangun DDS Research Institute Daewoong Pharmaceutical adalah perusahaan kesehatan global asal Korea. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Daewoong Foundation (DF) meneken kerja sama atau nota kesepahaman (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mendirikan DDS (Drug Delivery System) Research Institute ITB-DF.

DDS merupakan metode pemberian obat secara efisien ke area yang ditargetkan, seperti mengendalikan laju pelepasan obat. Teknologi yang meminimalkan efek samping obat dan memaksimalkan khasiat dan efektivitas

Melalui MoU ini, Daewoong Foundation dan ITB telah mengukuhkan kerja sama untuk mendirikan lembaga penelitian farmasi yang mutakhir, untuk meningkatkan penelitian farmasi dan menumbuhkan bakat penelitian di Indonesia.

Daewoong Foundation akan mendukung pendirian DDS Research Institute di lantai pertama gedung Sekolah Farmasi ITB. Yang mana ITB akan melakukan berbagai proyek penelitian farmasi melalui kerja sama terbuka. DDS Research Institute direncanakan rampung pada 2023 setelah pekerjaan renovasi dan konstruksi peralatan.

Peneliti biofarmasi di Indonesia sering melakukan penelitian bersama di luar negeri. Mereka punya kesulitan di Indonesia untuk melanjutkan penelitian dari luar negeri karena masalah infrastruktur, seperti kurangnya fasilitas dan peralatan penelitian farmasi dalam negeri.

Dengan mendukung pendirian DDS Research Institute, Daewoong Foundation berencana secara aktif mendukung para peneliti di bidang biofarmasi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian mereka di Indonesia.

Selanjutnya, berbagai penelitian kolaborasi terbuka diharapkan dapat dilakukan dengan membuka fasilitas penelitian bagi mereka yang membutuhkan penelitian di bidang tersebut, seperti organisasi nirlaba, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta.

Prof Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB, mengatakan melalui DDS Research Institute yang didirikan bersama Daewoong Foundation, kami berharap para peneliti pascasarjana yang berbakat akan merasakan dan mempelajari sistem penelitian farmasi canggih Korea secara langsung.

"Kami menantikan hasil penelitian yang luar biasa dari fasilitas berteknologi tinggi yang dapat membawa industri biofarmasi Indonesia ke tingkat selanjutnya,” ujar Reini dalam keterangan resminya, kemarin.

Sebelumnya Daewoong Foundation juga mendukung pendirian Bioanalytical Laboratory UI-DF pada Agustus lalu.

[sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini