DJI Spark: Drone 'mini' yang akan ubah peta permainan industri drone

Jumat, 26 Mei 2017 14:01 Reporter : Indra Cahya
DJI Spark: Drone 'mini' yang akan ubah peta permainan industri drone DJI Spark. ©2017 Merdeka.com / DJI / CNET

Merdeka.com - Pada Rabu (24/5) perusahaan drone terkemuka asal China, DJI, meluncurkan drone terbarunya bernama Spark. Drone ini sangat berbeda dari drone kebanyakan, karena bentuknya yang sangat mungil.

Dilansir dari Mashable, drone yang hanya sebesar smartphone ini cukup kecil bahkan untuk disaku. Drone ini cocok untuk selfie karena berbagai fitur video shot yang terbenam dalam software camera milik Spark.

Spark sendiri sepertinya mengambil segmen yang beda dari produk DJI yang lain seperti DJI Phantom dan juga DJI Mavic Pro yang sebenarnya cukup kecil dan memiliki lengan yang bisa dilipat. Hal ini terlihat dari kualitas kameranya yang berada di bawah produk DJI lain.

dji spark

DJI Spark ©2017 Merdeka.com / DJI / CNET

Kamera Spark mengusung 1 2/3 inci sensor yang bisa mengambil foto dengan resolusi 12MP, dan juga video beresolusi 1080p dengan framerate 30 fps. Selain itu, Spark hanya memiliki 2 sumbu stabilisasi, dengan dibantu oleh EIS.

Dengan spesifikasi ini, para sinematografer mungkin akan lebih memiliki Phantom atau Mavic Pro. Namun para pengguna drone baru atau para non-sinematografer akan merasa spesifikasi ini lebih dari cukup.

Salah satu hal yang membuat Spark ini lebih cocok untuk pemula adalah kecepatannya yang hanya 50 kilometer perjam, serta ketinggian yang hanya mampu hingga 33 meter saja. Jika Anda butuh kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan terbang untuk mengambil objek pegunungan, Spark tentu bukan untuk Anda.

Cukup mengejutkan, ternyata drone berkualitas ini dibanderol dengan harga yang cukup masuk akal. Drone ini dibanderol seharga 499 dollar, atau sekitar 6,7 juta Rupiah. Tak ayal hal ini akan mengubah peta permainan industri drone, di mana drone dengan kualitas sekedar untuk group selfie, akan dibuat lebih berkualitas dan dimiliki banyak non-sinematografer. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Drone
  3. Teknologi
  4. Gadget
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini