Dirut BAKTI sebut Istilah Tol Langit Hasil Celetukan Menteri Rudiantara

Rabu, 15 September 2021 14:32 Reporter : Merdeka
Dirut BAKTI sebut Istilah Tol Langit Hasil Celetukan Menteri Rudiantara Ilustrasi BTS. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama BAKTI, Anang Latif bercerita awal ungkapan tol langit tercetus. Waktu itu di tahun 2019, dia bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2014-2019 Rudiantara dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sedang mengunjungi Pulau Sangihe, Sulawesi Utara.

Di sana tengah berlangsung peresmian kantor pajak untuk pelayanan online. Ketika itu, Menkeu memberikan kata sambutan terkait dengan tema acara itu. Setelah selesai menyampaikan, mantan petinggi Bank Dunia ini memberikan kesempatan untuk bertanya kepada yang hadir saat itu.

"Nah di sela-sela itu, Chief RA (Menkominfo Rudiantara – red) secara spontan menyebut tol langit," kata dia saat diskusi di Forum Online Media Sila Bakti, Selasa (14/9).

Seusai acara, lanjut Anang, dia pun menanyakan arti dari ungkapan tol langit itu. Rudiantara pun menjawab bahwa maksud dari tol langit itu menggambarkan signal internet. Sesuatu yang tak bisa dijangkau tetapi bisa digunakan untuk berkomunikasi. Kecepatannya pun tak lambat. Dalam hal ini merujuk pada proyek Palapa Ring.

"Begitu selesai acara, Saya tanyakan ke Chief RA apa itu tol langit. Ini biar persepsi saya tidak berbeda dengan beliau. Istilah ini kemudian menjadi populer saat kampanye Pilpres Jokowi-Ma’aruf. Dan semakin viral ketika di keluarkan saat debat," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Tol Langit Integrasi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Internet
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini