Dirahasiakan, 4 Temuan NASA Ini Malah Bocor ke Publik

Jumat, 11 Januari 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Dirahasiakan, 4 Temuan NASA Ini Malah Bocor ke Publik Luar angkasa.
4. Ada Kunang-Kunang di Luar Angkasa

Merdeka.com - John Glenn menjadi astronot Amerika pertama yang mengorbit planet Bumi tahun 1962. Ini adalah bagian dari misi Mercury-Atlas 6. Salah satu yang paling diingat dari prestasi Glenn adalah 'kunang-kunangnya'.

Saat terbang di atas Australia, Glenn melihat sesuatu yang aneh mengambang di luar jendela kapsul Friendship 7, pesawat yang ia gunakan saat itu. "Saya berada di antara partikel yang sangat kecil yang bersinar terang seperti mereka bercahaya. Mereka tampak seperti bintang-bintang kecil," katanya kepada kontrol misi NASA.

Glenn menyebut partikel kecil itu 'kunang-kunang'. Ketika Glenn mengetuk jendela, 'kunang-kunang' itu langsung terbang. Pengendali misi khawatir tentang keadaan Glenn.

Misi ini tidak disiarkan langsung, jadi cerita kunang-kunang hanya menjadi legenda. Tapi ketika orang Amerika berikutnya ke luar angkasa, Scott Carpenter, juga melihat kunang-kunang.

NASA langsung menjelaskan kejadian itu. Menurut mereka, ada partikel es dari penghangat kapsul. Sampai kematiannya pada bulan Desember, Glenn tidak pernah puas dengan penjelasan itu.

Baca juga:
Penemuan-Penemuan Baru NASA yang Mengejutkan di Luar Angkasa
Sisi Gelap Bulan Mulai Dieksplorasi Tiongkok
Bekas Astronot NASA Sebut Misi Kirim Manusia ke Mars Hal Konyol

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini