Dirahasiakan, 4 Temuan NASA Ini Malah Bocor ke Publik

Jumat, 11 Januari 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Dirahasiakan, 4 Temuan NASA Ini Malah Bocor ke Publik Astronot NASA di luar angkasa. ©2018 Likar Info

Merdeka.com - National Aeronautics and Space Administration atau NASA menemukan banyak hal di luar angkasa. Sebagian temuan itu masih misteri. Karena belum ada penjelasan secara ilmiah, terkadang temuan itu masih disimpan rapat.

Namun, hasil temuan-temuan yang masih misteri itu malah ada yang bocor ke publik. Karena beredar, NASA kemudian menjelaskan hasil temuannya itu.

Seperti dikutip dari The Richest, berikut beberapa temuan-temuan NASA di luar angkasa. Bahkan temuan itu sempat dirahasiakan:

1 dari 4 halaman

Ada Suara Musik di Bulan

Astronot di luar angkasa. ©2018 Evrenvebilim

NASA sudah terbiasa menjelaskan kejadian aneh di luar angkasa. Saat mengemudikan pesawat berbentuk kapsul ruang angkasa Apollo 10 di sekitar sisi gelap bulan, astronot Eugene Cernan mulai mendengar suara musik. "Kau dengar itu?" Katanya kepada kontrol misi NASA.

Dalam transkrip misi yang dirilis pada 2008, Cernan menggambarkan suara itu sebagai suara siulan aneh mirip dengan "musik tipe ruang angkasa". Soal suara ini, waktu itu belum ada penjelasan dari NASA.

Dalam bukunya 1974 Carrying The Fire, astronot Apollo 11 Michael Collins juga menulis hal sama tentang musik luar angkasa saat mengorbit di bulan. Musik itu terdengar oleh para astronot. Terkait kejadian ini, NASA lantas memberikan penjelasan mengapa terdengar suara tersebut. Suara itu terjadi karena interferensi antara radio LM dan Modul VHS Modul Perintah VHS.

2 dari 4 halaman

Cahaya Aneh di Luar Angkasa

luar angkasa. © Onlyhdwallpapers.com

Ada cahaya aneh yang tertangkap kamera dari pesawat ulang-alik Atlantis pada tahun 2006. Saat itu Komandan Brent Jett memperhatikan beberapa jenis struktur reflektif di luar pesawat ulang-alik. “Itu tidak terlihat seperti apa pun yang pernah saya lihat di luar pesawat ulang-alik ini, itu sudah pasti,” katanya kepada pengontrol misi.

Ketika tersiar kabar di media bahwa para astronot telah melihat sesuatu yang aneh, NASA langsung ambil alih untuk menjelaskan fenomena apa itu.

NASA juga memerintahkan pemeriksaan pesawat ulang-alik. Mereka berasumsi benda-benda itu mungkin terlepas dari pesawat ruang angkasa. tapi setelah sampai di Bumi, tak ada kerusakan apapun.

3 dari 4 halaman

Astronot Gordo Pernah Lihat Alien

astronot di luar angkasa. Discoverychannel.com

Mayor Gordon "Gordo" Cooper melihat alien saat ia menjadi salah satu astronot NASA ke Merkurius. Cooper melihat UFO sejak tahun 1951. Cooper mengatakan kepada pengontrol misi NASA bahwa dia sedang mengamati benda hijau bercahaya yang mendekatinya dengan cepat. Benda itu ternyata cukup nyata untuk ditangkap oleh radar. Namun setelah kembali ke Bumi, Cooper tidak diizinkan untuk berbicara tentang kejadian itu pada wartawan.

Pada tahun-tahun berikutnya, Cooper akan membicarakan insiden ini dan bagaimana pertemuan UFO lainnya ditutup-tutupi. Dia bahkan berbicara kepada PBB tentang topik tersebut.

4 dari 4 halaman

Ada Kunang-Kunang di Luar Angkasa

Luar angkasa. © Colourunity.com

John Glenn menjadi astronot Amerika pertama yang mengorbit planet Bumi tahun 1962. Ini adalah bagian dari misi Mercury-Atlas 6. Salah satu yang paling diingat dari prestasi Glenn adalah 'kunang-kunangnya'.

Saat terbang di atas Australia, Glenn melihat sesuatu yang aneh mengambang di luar jendela kapsul Friendship 7, pesawat yang ia gunakan saat itu. "Saya berada di antara partikel yang sangat kecil yang bersinar terang seperti mereka bercahaya. Mereka tampak seperti bintang-bintang kecil," katanya kepada kontrol misi NASA.

Glenn menyebut partikel kecil itu 'kunang-kunang'. Ketika Glenn mengetuk jendela, 'kunang-kunang' itu langsung terbang. Pengendali misi khawatir tentang keadaan Glenn.

Misi ini tidak disiarkan langsung, jadi cerita kunang-kunang hanya menjadi legenda. Tapi ketika orang Amerika berikutnya ke luar angkasa, Scott Carpenter, juga melihat kunang-kunang.

NASA langsung menjelaskan kejadian itu. Menurut mereka, ada partikel es dari penghangat kapsul. Sampai kematiannya pada bulan Desember, Glenn tidak pernah puas dengan penjelasan itu. [has]

Baca juga:
Penemuan-Penemuan Baru NASA yang Mengejutkan di Luar Angkasa
Sisi Gelap Bulan Mulai Dieksplorasi Tiongkok
Bekas Astronot NASA Sebut Misi Kirim Manusia ke Mars Hal Konyol

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini