Dilarang jualan iPhone, benarkah Apple tiru smartphone China?

Sabtu, 18 Juni 2016 18:31 Reporter : Bramy Biantoro
Dilarang jualan iPhone, benarkah Apple tiru smartphone China? iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa hari ini Apple disebut dilarang berjualan iphone 6 dan 6 Plus di Beijing, China, oleh pengadilan setempat. Meskipun akhirnya Apple mengatakan perintah pengadilan itu masih ditunda. Apa yang terjadi?

Ternyata sejak beberapa bulan lalu Apple bermasalah dengan pengadilan Beijing akibat gugatan yang dibuat oleh perusahaan Shenzhen Baili. Perusahaan ini mengklaim Apple telah meniru desain smartphonenya yang bernama '100C' untuk iPhone 6 dan 6 Plus.

Shenzen Baili 100C ©2016 Merdeka.com

Pengadilan Beijing juga mengatakan bila konsumen tidak bisa membedakan iPhone 6 dengan 100C. Smartphone 100C sendiri bertipe Android dan dirilis lebih dulu dari iPhone 6.

Akibat kabar ini, sudah sekitar dua bulan banyak toko gadget di China berhenti menjual iPhone 6 dan 6 Plus. Toko-toko tersebut lebih memilih menjual iPhone 6s dan 6s Plus sebagai gantinya.

Setelah kabar ini beredar luas tidak hanya di China, Apple menyampaikan pernyataan resminya soal perintah larangan penjualan iPhone 6 dan 6 Plus.

"iPhone 6 dan 6 Plus bersama dengan iPhone 6s, 6s Plus, dan iPhone SE semuanya bisa dibeli hari ini di China. Kami mengajukan perintah administrasi dari pengadilan paten regional di Beijing bulan lalu dan sebagai hasilnya perintah (larangan penjualan) ditunda oleh Pengadilan Beijing," ujar Apple.

Bagaimana menurut Anda, apakah iPhone 6 menjiplak 100C Shenzhen Baili?

Apple iPhone 6 dan Shenzen Baili 100C ©2016 Merdeka.com
[bbo]
Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. IPhone 6
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini