Digitalisasi Aksara Lontara, PANDI Bermitra dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara

Jumat, 6 November 2020 10:15 Reporter : Syakur Usman
Digitalisasi Aksara Lontara, PANDI Bermitra dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara PANDI bekerja sama dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara di Jakarta, kemarin (5/11).

Aksara Lontara dikenal sebagai aksara Bugis, aksara Bugis-Makassar, atau aksara Lontara Baru. Aksara tersebut biasa digunakan sebagai sarana mengekspresikan bahasa Bugis dan Makassar dalam bentuk tulisan, juga merupakan salah satu aksara tradisional Indonesia yang berkembang di Sulawesi Selatan.

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, menjelaskan penandatanganan MoU ini merupakan lanjutan dari program PANDI bertajuk "Merajut Nusantara Melalui Digitalisasi Aksara".

Kerja sama antara PANDI dan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara akan fokus pada pelestarian aksara yang diimplementasikan dalam bentuk kompetisi pembuatan website berkonten aksara Lontara, yang diselenggarakan akhir tahun ini.

"Kegiatan ini diharapkan bisa memperkenalkan kembali dan melestarikan bagian dari budaya asli Indonesia. Kami sangat senang untuk bisa bekerja sama dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara dalam rangka melanjutkan pelestarian aksara daerah," ujar Yudho dalam keterangan persnya, Kamis (5/11).

Andi Alifian Mallarangeng, Wakil Dewan Pembina Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara, menyambut baik kerja sama tersebut. Aksara Lontara sebenarnya merupakan aksara nusantara pertama yang terdaftar di Unicode, yang diupayakan bersama pada tahun 1990-an silam.

"Hanya belum diresmikan penggunaannya secara luas. Dari MoU kami dengan PANDI saat ini, saya sangat bersemangat untuk kembali bersama-sama melestarikan aksara Lontara," kata mantan menteri pemuda dan olahraga era Presiden SBY tersebut.

Baca Selanjutnya: Mewujudkan Mimpi Lama...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini