Di zaman purba, kecoak makan kotoran dinosaurus

Jumat, 13 Desember 2013 06:02 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Di zaman purba, kecoak makan kotoran dinosaurus Penelitian Kecoa memakan kotoran Dinosaurus. © Thetechjournal.com

Merdeka.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Slovakia Academy of Sciences mengatakan bahwa ternyata kecoak telah memakan semua kotoran dinosaurus di zaman purba kala, seperti yang dilansir The Tech Journal (11/12).

Menurut para peneliti, kecoak purba dari keluarga Blattulidae punah bersama dinosaurus herbivora antara 250 juta tahun yang lalu. Kecoak Blattulidae diduga sebagai kecoak yang telah memakan semua kotoran yang dihasilkan oleh dinosaurus kala itu.

Penelitian tersebut dilakukan dengan metode pencitraan mutakhir yang disebut 'synchrotron X-ray microtomography', yaitu membuat model fosil kecoak yang ditemukan di Lebanon berusia 120 juta tahun menjadi 3D. Hasilnya, para peneliti menemukan partikel kayu di dalam usus kecoak purba yang menurut pengamatan mereka, itu berasal dari kotoran dinosaurus.

memakan kotoran dinosaurus

Kecoak tidak mungkin mengunyah makanannya, dan sistem pencernaannya tidak mampu mencerna partikel kayu yang ada pada kotoran. Pandangan tersebut sebagian besar juga didukung oleh teori yang mengatakan bahwa dinosaurus punah karena terhantam asteroid yang jatuh ke bumi jutaan tahun yang lalu. Musnahnya dinosaurus tidak dibarengi oleh musnahnya kecoak kala itu. Sebab kecoak memang memiliki kemampuan untuk tahan terhadap 9 radiasi nuklir sekalipun.

Sementara dinosaurus musnah, beberapa kotoran yang masih tersisa dan bercampur dengan kayu serta tanah yang ada saat itu, menjadi makanan lezat bagi Blattulidae. Karena mereka tidak dapat mencerna partikel kayu dalam tubuh mereka, gerakan partikel kayu membuat kecoak membelah hingga akhirnya Blattulidae punah seiring dengan waktu.

Baca Juga:

200 Ribu orang siap jadi warga planet Mars

Situs bersejarah dari Ramla kembali ditemukan di Israel

Antartika dilanda suhu dingin terburuk dalam sejarah, -93,2 C

Nantinya, ratusan bahasa tradisional di Indonesia akan musnah

Banyak memotret ternyata bikin orang jadi pikun

[ega]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penelitian Ilmiah
  3. Dinosaurus
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini