Di tahun 2015, apakah smartphone Android wajib pasang antivirus?

Sabtu, 31 Januari 2015 15:02 Reporter : Bramy Biantoro
Di tahun 2015, apakah smartphone Android wajib pasang antivirus? Antivirus untuk Android. © Geekworldnews.org

Merdeka.com - Semenjak smartphone, terutama Android, booming di tahun 2014, jumlah ancaman virus pada smartphone diklaim terus meningkat. Lalu, apakah sudah waktunya di tahun 2015 ini kita memasang antivirus di smartphone kesayangan?

Jawabannya ternyata belum. Meskipun smartphone Android menjadi target serangan hacker, Google masih selangkah di depan dengan teknologi antivirus yang terintegrasi dengan Play Store.

Secara rutin Play Store akan memindai aplikasi milik Anda dan juga aplikasi lain yang ada di tokonya. Update rutin yang diterbitkan oleh pengembang lewat Play Store pun menjadi tameng tersendiri dari serangan malware di smartphone.

Imbasnya, banyak produsen antivirus besar macam Symantec tidak menambahkan fitur pemindai virus yang aktif setiap saat untuk mengamankan smartphone Anda.

Direktur dari Symantec, Kevin Haley pun mengatakan bila virus belum sepenuhnya fokus pada smartphone. Oleh sebab itu, mereka lebih fokus pada fitur keamanan lain pada produk mobile, misalnya fitur anti hilang, Android Central (30/01).

Smartphone Android yang rentan virus adalah ...

Sayangnya perlindungan Google via Play Store mereka tidak akan berdampak besar bagi smartphone-smartphone Android yang telah di-root atau dibobol akses OS-nya. Smartphone yang telah di-root terbukti lebih rentan terhadap serangan virus.

Hal itu disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang diinstal di smartphone tanpa melalui Play Store, seperti lewat file 'APK'. Hacker dapat dengan mudah menyusupkan virus pada file instalasi aplikasi tanpa diketahui pengguna.

Akibatnya, data-data penting di dalam smartphone Android Anda menjadi lebih mudah dicuri dan dimanfaatkan untuk aksi ilegal.

Nah, pengguna-pengguna smartphone Android yang telah me-root gadget mereka itulah yang perlu memasang antivirus. Proses pemindaian virus pun harus dilakukan secara rutin, setidaknya dua kali seminggu. [bbo] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini