Di Singapura, Uber didanai perusahaan taksi untuk bersaing dengan Grab

Selasa, 12 Desember 2017 09:40 Reporter : Indra Cahya
Di Singapura, Uber didanai perusahaan taksi untuk bersaing dengan Grab Ilustrasi Uber. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu perusahaan ride sharing terbesar dunia, Uber, telah mencapai sebuah kesepakatan unik di Asia Tenggara. Pasalnya, perusahaan AS tersebut telah menyetujui untuk saham mayoritasnya di Singapura dibeli oleh ComfortDelGro, operator taksi terbesar di Kota Singa tersebut.

Melansir Techcrunch, persetujuan ini terdiri dari dana patungan sebesar 642 juta Dollar Singapura, dan ComfortDelGro menghabiskan dana 295 juta Dollar Singapura untuk membeli 51 persen sahamnya.

Jika pendanaan ini sudah selesai, Uber memiliki akses eksklusif kepada 15.000 kendaraan milik ComfortDelGro di Singapura, yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak daripada jumlah pengendara Uber di Singapura. ComfortDelGro yang armada dan pemasukannya menurun tiap tahunnya, saat ini memiliki 25.325 taksi, termasuk merek CityCab yang juga merupakan milik ComfortDelGro.

Hal ini tentu membuat panas persaingan ride sharing startup antara Uber dan Grab, yang merupakan startup asli Singapura. Uber dan Grab sendiri sudah berkompetisi di tujuh negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang masih dikuasai Go-Jek ketimbang Uber dan Grab.

Grab sendiri terlihat menguasai di Asia Tenggara. Grab mengklaim memiliki 20 juta mitra pengemudi dan 10 juta unduhan aplikasi di seluruh Asia Tenggara. Sementara Uber sendiri tak membuka statistiknya, hanya menyebut bahwa 20 persen pemasukan global Uber didapat dari Asia Pasifik. Uber sendiri sudah mencapai 5 milyar perjalanan di seluruh dunia, sementara Grab baru 1 milyar perjalanan namun hanya di Asia Tenggara.

Grab sendiri sebelumnya sudah sekedar bekerjasama dengan taksi berlisensi di Singapura. Digabung dengan mitra drivernya, sekarang Grab memiliki 150.000 driver saja. Jadi, soal jumlah, Uber sudah menang telah dari Grab di Singapura. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini