Di iPhone Terbaru, Apple Akan Gunakan 100 Persen Hardware Daur Ulang

Senin, 13 Januari 2020 15:34 Reporter : Indra Cahya
Di iPhone Terbaru, Apple Akan Gunakan 100 Persen Hardware Daur Ulang Liam, robot daur ulang iPhone dari Apple. ©2016 Merdeka.com / youtube.com

Merdeka.com - Apple kini adalah pabrikan teknologi yang cukup memanfaatkan robot secara masif. Di pabriknya di kota Austin, Texas, AS, Apple memiliki robot yang punya tugas sangat penting.

Melansir Reuters, robot bernama Daisy ini bertugas mengekstraksi 14 mineral dari iPhone lawas untuk digunakan sebagai iPhone masa depan.

Disebut bahwa pemanfaatkan robot ini menjadikan Apple sebagai perusahaan "loop tertutup" atau 100 persen daur ulang.

Hal ini dikarenkan Daisy ini memiliki kemampuan yang mutakhir. Dalam empat langkah saja, Daisy dapat mengeluarkan baterai dari iPhone dengan semburan udara beku minus 115,6 derajat Celcius, serta menghilangkan sekrup dan modul-modul yang ada dalam iPhone.

Dalam satu jam, Daisy bisa membongkar 200 unit iPhone. Ketika sudah dibongkar, komponen ini akan dikirim ke perusahaan daur ulang yang bertugas mengekstraksi mineral.

1 dari 1 halaman

Peduli Lingkungan

Sejak beberapa tahun lalu, Apple telah mendedikasikan diri untuk fokus terhadap isu lingkungan.

Di 2016 lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka telah membangun Liam, sebuah robot yang didesain khusus untuk menghancurkan iPhone bekas Anda. Sebagai catatan, Daisy, dibangun dari basis yang sama dengan Liam.

Apple sendiri memang mengimbau penggunanya untuk membuang iPhone bekasnya sembarangan, lewat peringatan di balik tiap perangkat iPhone. [idc]

Baca juga:
iOS 13 Peringatkan Pengguna Soal Pelacakan Data, Pengguna Tak Lagi Terlacak
Apple Akan Pamer Sistem Rumah Cerdas di CES 2020
iPhone 9 Disebut Bakal Rilis Akhir Tahun Atau Awal Tahun Depan
Miliki Tim Khusus, Apple Siap Bangun Satelit Sendiri
Apple Terbitkan Update iOS 13.3, Ini Deretan Fiturnya!
Apple Beri Imbalan Rp 14 Miliar Bagi Penemu Bug
Ini Deretan Smartphone Terpopuler di 2019, Dari iPhone Hingga Oppo!

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. IPhone
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini